Kamis 19 Mar 2020 18:01 WIB

Orang Tua Harus Kreatif dalam Jelaskan Wabah Covid-19

Orang tua perlu lebih kreatif dalam mengajarkan anaknya tentang wabah Covid-19.

Ibu menggendong anaknya dengan mengenakan masker. Orang tua perlu lebih kreatif dalam mengajarkan anaknya tentang wabah Covid-19.
Foto: Reuters
Ibu menggendong anaknya dengan mengenakan masker. Orang tua perlu lebih kreatif dalam mengajarkan anaknya tentang wabah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog dari Universitas Indonesia (UI) Dr Rose Mini Agoes Salim mengatakan, setiap orang tua perlu mengajari anak-anak mereka cara menjaga kesehatan. Dengan begitu, buah hati dapat terhindar dari risiko terinfeksi virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

"Ini penting, orang tua harus bisa mengedukasi anak-anak agar mereka tidak terinfeksi Covid-19," kata dia di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Edukasi pencegahan virus tersebut dapat dilakukan dengan menjelaskan manfaat apabila tubuh sehat maka virus-virus dapat ditangkal Misalnya, dengan mengatakan bahwa kalau sakit itu tidak enak.

Setelah pemahaman itu diberikan, maka tahapan selanjutnya ialah cara pencegahan. Rose Mini mengatakan, ayah dan ibu perlu menerangkan perlunya menjaga jarak sosial di tengah wabah Covid-19.

 

"Jelaskan kenapa tidak boleh keluar rumah, tidak bertemu orang yang terjangkit corona, serta tidak bersalaman, apalagi berciuman," kata Rose Mini.

Anak juga harus diajarkan agar sering mencuci tangan, menggunakan masker saat sakit, dan tindakan pencegahan lainnya. Selain itu, orang tua juga harus bisa menerangkan kepada anak agar mereka tidak menyentuh hidung, mulut, telinga, dan bagian kepala apabila tidak terlalu penting.

"Pemahaman tersebut diperlukan dalam mencegah penyebaran dan penularan penyakit akibat virus ini," kata Rose Mini.

Tidak hanya itu, dalam kondisi saat ini, orang tua juga harus melarang anak-anak mereka apabila ingin bermain ke rumah tetangga. Sebab, dikhawatirkan potensi penularan virus bisa saja datang dari diri sendiri maupun orang lain.

Rose Mini mengingatkan agar setiap larangan atau langkah antisipasi tersebut harus disertasi pemahaman kepada anak. Tujuannya agar mereka mengerti sehingga tidak merasa dikekang di dalam rumah.

Menurut dia, pada situasi seperti ini peran orang tua cukup besar dan berpengaruh agar setiap anak tidak merasa jenuh dan bosan saat berada di dalam rumah. Oleh sebab itu, ayah dan ibu perlu lebih kreatif dalam memberikan pengertian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement