Kamis 19 Mar 2020 17:49 WIB

Manfaat Berpakaian Rapi Saat Kerja dari Rumah

Saat bekerja dari rumah, cobalah tetap berpakaian rapi dan rasakan manfaatnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bekerja di rumah. Saat bekerja dari rumah, cobalah tetap berpakaian rapi dan rasakan manfaatnya.
Foto: Thoudy Badai/Republika
Bekerja di rumah. Saat bekerja dari rumah, cobalah tetap berpakaian rapi dan rasakan manfaatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian perusahaan mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona tipe baru, penyebab Covid-19. Bekerja dari rumah mungkin memberikan beberapa keleluasaan bagi karyawan, seperti bisa bekerja hanya dengan mengenakan baju santai.

Namun, berpakaian rapi meski sedang bekerja dari rumah juga memiliki manfaat tersendiri. Apa untungnya tak berpiyama saat bekerja dari rumah?

Baca Juga

"Berpakaian (rapi) juga penting," ujar psikolog klinis dari Personal Growth Veronica Adesla MPsi kepada Republika.co.id, Selasa (17/3).

Veronica mengungkapkan bahwa cara seseorang berpakaian ketika sedang bekerja dari rumah bisa memengaruhi kinerja dan produktivitas. Ketika seseorang menggunakan pakaian santai atau bahkan pakaian tidur saat hendak bekerja, mindset dan mood yang terbentuk juga santai.

"Tubuh kita tahu kalau kita pakai baju santai, berasa lagi nyantai juga, baik itu baju tidur, baju rumah. Jadi pakaian itu berpengaruh," lanjut Veronica.

Oleh karena itu, Veronica menilai salah satu cara untuk menjaga fokus dan produktivitas ketika bekerja dari rumah adalah dengan berpakaian rapi. Gunakan pakaian yang biasanya memang dipakai seseorang saat bekerja.

"Itu akan membangun mindset kita dan mood kita bahwa kita sedang bekerja," jelas Veronica.

Selain berpakaian rapi, hal lain yang tak kalah penting untuk menunjang produktivitas dan fokus saat bekerja di rumah adalah memiliki spot khusus untuk bekerja. Ruangan atau pojok khusus untuk bekerja ini sebaiknya memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang pekerjaan seperti meja dan komputer.

Ruangan yang dipakai sebagai tempat bekerja juga sebaiknya terhindar dari beragam gangguan yang mungkin dapat mengganggu fokus dalam bekerja. Misalnya, ruangan tersebut tidak berdekatan dengan televisi atau tempat menonton.

"Di situ, mindset-nya sudah diarahkan, mau kerja dari jam berapa sampai jam berapa. Baru keluar dari tempat itu (setelah selesai jam kerja)," kata Veronica.

Menciptakan suasana dan membangun mood yang baik penting diperhatikan ketika seseorang bekerja dari rumah. Alasannya, rumah pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda dengan kantor sehingga mood dan mindset yang terbentuk ketika seseorang sedang di rumah dan di kantor pun akan berbeda.

"Biasanya di rumah tidak bekerja. Jadi otomatis ketika kita ada di rumah, tubuh kita, mood kita, mindset kita, pikirannya memang bukan untuk kerja," ungkap Veronica.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement