Jumat 24 Jan 2020 17:16 WIB

De Jong: Sama, Filosofi Sepak Bola Setien dan Valverde

Setien dinilai De Jong menuntut Barcelona lebih agresif.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Frenkie de Jong
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Frenkie de Jong

REPUBLIKA.CO.ID, CATALAN -- Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong, menilai, ada kesamaan ide dan filosofi sepak bola yang diusung Quique Setien dan Ernesto Valverde. Kedua pelatih tersebut, diungkap De Jong, sama-sama menginginkan tim yang dibesutnya bisa mengendalikan permainan dengan berbasis pada penguasaan bola.

Manajemen Barcelona akhirnya mendepak Ernesto Valverde dari kursi pelatih tim utama Blaugrana pada pertengahan Januari silam. Eks pelatih Real Betis, Quique Setien, terpilih untuk menggantikan Valverde. Kehadiran Setien diharapkan bisa mengembalikan gaya permainan khas Barcelona, Tiki-Taka, yang selama ini dianggap cenderung ditinggalkan Valverde, yang lebih pragmatis dan mengandalkan kualitas pemain-pemain bintang.

Baca Juga

Kendati begitu, De Jong menilai, dari segi gaya dan filosofi permainan, sebenarnya tidak ada yang berbeda antara Setien dan Valverde. Gelandang berusia 22 tahun itu pun mengaku, tidak mendapatkan instruksi khusus dari Setien terkait peran yang dilakoninya di lini tengah Barcelona.

''Tidak hal khusus yang diminta Setien dari saya. Ide dan gaya yang dia bawa sebenarnya sama seperti yang diusung Valverde, ide sepak bola khas Barcelona, yaitu sepak bola yang berbasis pada penguasaan bola,'' ujar De Jong seperti dikutip Marca, Jumat (24/1).

Gelandang yang baru didatangkan Barcelona pada awal musim ini tersebut menambahkan, meski secara ide ada kesamaan, tapi Setien memang menuntut anak-anak asuhnya untuk bisa lebih agresif dalam merebut dan mendapatkan kendali bola.

''Perbedaan antara keduanya mungkin hanya detail-detail kecil. Namun, dia (Setien) lebih memiliki intensi dan berharap kepada kami untuk bisa mendapatkan bola secepat mungkin,'' kata eks gelandang Ajax Amsterdam tersebut.

De Jong pun menyebut, targetnya bersama Barcelona pada musim ini. Gelandang yang didatangkan dengan nilai transfer mencapai 75 juta euro itu berharap bisa mempersembahkan trofi Liga Champions pada musim debutnya bersama Barcelona. Meski begitu, De Jong berharap, bisa meraih semua kemungkinan trofi buat Barcelona pada musim ini.

''Saya ingin bisa meraih semua trofi. Namun, jika boleh memilih, saya berharap bisa meraih trofi Liga Champions. Kendati begitu, saya juga berharap bisa mengangkat trofi La Liga dan Copa Del Rey,'' ujar De Jong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement