Kamis 26 Dec 2019 13:34 WIB

Bukan Dovi Tapi Quartararo Penantang Serius Marquez

Quartararo menjadi rookie terbaik musim 2019

Fabio Quartararo
Foto: EPA-EFE
Fabio Quartararo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dominasi Marc Marquez bersama Honda di MotoGP hanya menyisakan cerita sosok yang akan jadi penantang serius Baby Alien. Andrea Dovisioso dan Fabio Quartararo disebut menjadi penantang serius musim depan.

Khusus Dovizioso dan Ducati, ekspektasi penggemar MotoGP bahwa kolaborasi kedunya mampu memberikan perlawanan. Nyatanya, Dovi justru tampil kurang konsisten tahun ini meski di klasemen akhir berada di posisi dibawa Marquez.

Ancaman baru bagi Marquez justru datang di seri keempat ketika tahu-tahu rookie Fabio Quartararo dari tim satelit Yamaha memecahkan rekor yang diciptakan Marquez untuk menyodok ke posisi terdepan babak kualifikasi GP Spanyol di Jerez. Pole position pertamanya di kelas premier berujung antiklimaks setelah pebalap berusia 20 tahun asal Prancis itu gagal finis di balapan karena kerusakan girboks di lap ke-14.

Sejak itu, Quartararo yang menjadi rookie terbaik musim 2019 itu pun langganan start dari baris terdepan di 12 seri balapan selanjutnya dan menggenapi tahun ini dengan enam kali start dari pole position. Marquez pun dibuat resah setelah terlibat duel sengit dengan Quartararo di Misano dan menyebut pebalap bernomor 20 itu memiliki potensi sebagai rival terberatnya tahun depan.

"Fabio sekarang adalah pebalap termuda di MotoGP dan bagiku dia adalah salah satu yang tercepat," kata Marquez.

"Dia memiliki kecepatan dan sangat cepat di latihan bebas dan kualifikasi. Kecepatannya, jika aku bandingkan dengan lawan-lawanku, dia adalah salah satu yang terkuat di area itu.

"Tapi dia sangat muda. Dengan pengalaman lagi dia akan sangat cepat dan konsisten serta akan bisa mengatur situasi secara berbeda. "Bagiku, dia penantang utama di kejuaraan tahun depan," kata Marquez.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement