Pupuk Indonesia Berikan Tes Kesehatan Gratis untuk Korban Gempa Cianjur

Pupuk Indonesia juga menyiapkan satu ambulans untuk dipakai keperluan mendesak.

Republika/Thoudy Badai
Pengungsi membongkar atap rumah yang roboh akibat gempa di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Pupuk Indonesia Grup di bawah koordinator Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN bentukan Menteri BUMN Erick Thohir intens memberikan tes kesehatan gratis kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat (Jabar).
Rep: Muhammad Nursyamsi Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pupuk Indonesia Grup di bawah koordinator Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN bentukan Menteri BUMN Erick Thohir intens memberikan tes kesehatan gratis kepada korban gempa Cianjur, Jawa Barat (Jabar). SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana mengatakan PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, yaitu PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Petrokimia Gresik, dan Pupuk Sriwidjadja Palembang telah membangun posko bencana yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengungsi.

Baca Juga

Wijaya menyebut salah satunya PT Pupuk Kujang Cikampek yang berada di Kampung Salaereuh, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jabar. Pupuk Indonesia, lanjut dia, telah menunjuk Pupuk Kujang Cikampek sebagai koordinator lapangan dalam penanganan bencana gempa di Cianjur.

"Berdasarkan laporan teman-teman di lapangan, Pupuk Indonesia Grup intens memberikan tes kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak yang tinggal di posko. Tes kesehatan kami berikan untuk memastikan masyatakat dalam kondisi sehat dan baik," ujar Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Wijaya mengatakan, Pupuk Indonesia Grup juga menyiapkan satu unit mobil ambulans siaga yang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal kesehatan yang sifatnya mendesak. Pupuk Indonesia Grup, sambung Wijaya, juga telah memberikan bantuan berupa beras, air mineral, mie instan, selimut, kain kafan, pampers, obat-obatan, telur, biaya sewa truk, biaya bongkar muat, hingga biaya bahan bakar minyak untuk pengiriman barang.

"Selain itu, para karyawan Pupuk Indonesia pun saat ini tengah melakukan penggalangan dana yang akan dimanfaatkan untuk membantu para masyarakat terdampak, khususnya keluarga karyawan perusahaan yang bertempat tinggal di Cianjur," kata Wijaya.

Salah satu anggota Tim Reaksi Cepat Aksi Kebencanaan dari Pupuk Kujang, Sodikin, mengatakan bahwa Posko di Kampung Salaereuh, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jabar ini dihuni sekitar 500 jiwa yang berasal dari tiga rukun tangga (RT). Setiap hari, lanjut Sodikin, Tim Reaksi Cepat Aksi Kebencanaan selalu memberikan tes kesehatan kepada masyarakat terdampak.

"Kami setiap hari memberikan tes kesehatan gratis kepada masyarakat. Karena selalu ada saja keluhan-keluhan dari masyarakat seperti kedinginan, diare, kelelahan dan sebagainya," ucap Sodikin.

Pemberian tes kesehatan gratis dari Pupuk Indonesia Grup ini pun diapresiasi oleh masyarakat terdampak. Salah satunya oleh Wawan yang merasa sangat terbantu oleh tes kesehatan. Pasalnya, anaknya yang masih berusia tiga tahun mendapat luka cukup berat di bagian wajah.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim posko, karena kami mendapat banyak bantuan, salah satunya tes kesehatan setiap hari. Alhamdulillah dapat tes kesehatan setiap hari. Pengobatan tuh nggak pernah berhenti, setiap hari dibersihkan lukanya, diganti perbannya, alhamdulillah dari awal langsung dapat tindakan medis. Lalu, sumbangan juga datang terus," kata Wawan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
Berita Terpopuler