Sabtu 27 Jul 2019 04:06 WIB

Tip Bagi Jamaah Calon Haji untuk Berhenti Merokok

Yang pertama dilakukan untuk berhenti merokok adalah bulatkan niat.

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas memerksa dan menyita barang jamaah salah satunya adalah rokok (ilustrasi)
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Petugas memerksa dan menyita barang jamaah salah satunya adalah rokok (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji disarankan untuk berhenti merokok. Ada beberapa tip yang bisa dilakukan jamaah haji yang sudah berada di Tanah Suci maupun yang masih di Tanah Air untuk berhenti merokok.

Menurut Pelaksana Tugas Tim Kuratif Rehabilitatif (TKR) Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Meldy Muzada E, yang pertama dilakukan untuk berhenti merokok adalah niat.  "Mantapkan niat, selain beribadah haji juga sekaligus hijrah untuk berhenti merokok," kata Meldy, Jumat (27/7) malam.

Baca Juga

Kemudian, jika jamaah tersebut memang sulit untuk berhenti, maka bawa sedikit saja rokok dari Tanah Air. "Membawa rokok hanya sedikit saja. Mulai rajin makan bergizi, konsumsi buah dan sayuran," kata Meldy.

Menurutnya, kunci keberhasilan merokok adalah tekad dan niat yang kuat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

 

Yaitu, perbanyak minum air putih dan ikuti saran dari Kapuskes Haji dengan gerakan minum air bersama pada jam yang sudah ditentukan. Kemudian, konsumsi buah setelah makan. "Mengisap permen pada saat keinginan merokok mulai muncul," kata Meldy.

Selanjutnya, kurangi bergaul bersama jamaah yang merokok. Dan, berkumur dan berwudhu diteruskan shalat sunah jika keinginan merokok muncul.

Tetapi, yang penting menurut Meldy adalah, sebenarnya ada obat untuk berhenti merokok. Tetapi, ternyata berdasarkan pengalaman teman-teman dokter yang meresepkan, obat tersebut tidak terlalu berarti karena intinya berhenti merokok adalah niat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement