Kamis 04 Apr 2019 19:22 WIB

Perhatikan Kesehatan Kulit Kepala Sensitif

Kulit kepala sensitif bisa menyebabkan luka karena sering digaruk.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan kulit kepala harus juga menjadi perhatian, bukan hanya menjaga kesehatan rambut.
Foto: AP
Kesehatan kulit kepala harus juga menjadi perhatian, bukan hanya menjaga kesehatan rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki bagian kulit kepala yang sensitif sering dialami oleh sebagian pria pada umumnya. Jika tidak ditangani dengan baik kulit kepala sensitif dapat menimbulkan penyakit yang akan merugikan kesehatan.

Penyakit yang sering muncul akibat kulit sensitif adalah dermatitis atau peradangan pada kulit yang membuat kulit kepala terasa gatal dan ingin menggaruk. Hal itu, dapat menyebabkan luka karena terus menerus digaruk sehingga memicu bakteri untuk masuk ke dalam kepala.

Baca Juga

"Tidak semua orang memiliki kulit kepala sensitif. Tapi ada beberapa individu yang mengalami kulit memerah, bercak, dan ketombe atau yang sering disebut dermatitis akan mengakibatkan kulit kepala cenderung cepat bereaksi terhadap pengaruh apapun," kata dr Stanley Setiawan, SpKK, dermatolog dari Klinik Ultimo melalui siaran pers yang diterima Republika.

Stanley mengatakan ada dua faktor yang memperngaruhi kulit kepala sensitif. Pertama, faktor internal yang diakibatkan karena kelelahan, kurang tidur dan kondisi badan yang turun. Kedua, faktor eksternal yang disebabkan akibat perubahan cuaca dan produk rambut yang digunakan.

Dia menerangkan, kulit kepala yang sehat dapat dikenali dengan kondisi kulit kepala yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Namun, lanjut dia, kondisi kulit kepala bersisik halus sampai lembaran sisik, mudah gatal dan kemerahan dapat dikategorikan kulit kepala sensitif.

Selanjutnya, kulit kepala yang sensitif dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti produk rambut yang berbahan natural dan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, mencukur rambut juga memerlukan sarana yang bisa mengakomodasi pelanggan yang memiliki kulit sensitif.

Pancos Barbershop salah satu alternatif yang memperhatikan kulit kepala sensitif para pelanggan. Pemilik Pancos Barbershop, Henoch Sitompul mengatakan memberikan standarisasi pelayanan yang higienis.

"Saya turut menerapkan inspeksi harian untuk alat-alat yang digunakan dan kesiapan para barber sebelum dimulainya jam operasional barbershop," katanya.

Bagi pelanggan yang memiliki kulit sensitif, Pancos Barbershop mengatasinya dengan cara segera membersihkan rambut dengan alat khusus. Karena itu, tidak akan menimbulkan radang kepala sensitif yang lebih tinggi akibat pelayanan yang tidak bersih.

"Ketika memotong rambut setiap pelanggan kita selalu membersihkan. Alat-alat dan perlengkapan yang digunakan harus selalu steril," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement