Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Android dan Apple Kuasai 85 Persen Pengapalan Smartphone

Jumat, 10 Agustus 2012, 06:22 WIB
Komentar : 0
Apple iOS6
Apple iOS6

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Hasil riset terbaru dari perusahaan periset pasar International Data Corporation (IDC) menunjukkan ada empat ponsel pintar Android untuk setiap iPhone yang dikapalkan (didistribusikan) ke seluruh dunia pada kuartal kedua 2012.

"Android dan iOS (iPhone) menguasai 85 persen dari total seluruh ponsel pintar yang dikapalkan pada kuartal kedua 2012," demikian siaran pers IDC dalam situs resminya.

Di sisi lain, menurut IDC, BlackBerry dan Symbian yang merupakan dua pionir sekaligus mantan pemimpin pasar ponsel pintar, mengalami penurunan pangsa pasar hingga di bawah lima persen.

IDC mencatat pengapalan ponsel bersistem operasi Android di seluruh dunia pada kuartal kedua 2012 berjumlah 104,8 juta unit, ponsel Apple iPhone 26 juta unit, BlackBerry 7,4 juta unit, Symbian 6,8 juta unit, Windows Phone 5,4 juta unit, dan Linux 3,5 juta unit.

Sementara, pangsa pasar ponsel bersistem operasi Android pada kuartal kedua 2012 sebesar 68,1 persen yang diikuti Apple iOS (16,9 persen), BlackBerry (4,8 persen), Symbian (4,4 persen), Windows Phone (3,5 persen), Linux (2,3 persen), dan ponsel bersistem operasi yang lain (0,1 persen).

"Pasar mengapresiasi sejumlah model andalan dari produsen-produsen ponsel Android," kata Analis Penelitian Senior IDC, Ramon Llamas.

Analis lain IDC, Kevin Restivo, mengatakan meskipun mayoritas pengguna ponsel di seluruh dunia masih memakai ponsel berfitur, perang pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar masih jauh dari akhir.

"Masih ada ruang bagi sejumlah pemilik sistem operasi ponsel untuk meraih pangsa pasar meski usaha tersebut akan sulit mengingat penetrasi ponsel pintar terus meningkat," kata Restivo.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata ‘huah’ (pada saat menguap), setan akan menertawakannya". (HR Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...