Rabu, 3 Syawwal 1435 / 30 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Soal Nutrisi, Orang Purba Lebih Pintar

Kamis, 19 Juli 2012, 18:59 WIB
Komentar : 1
news.discovery.com
Jejak manusia purba
Jejak manusia purba

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Boleh jadi orang modern zaman sekarang harus banyak belajar kepada manusia purba yang hidup puluhan ribu tahun lalu, karena mereka ternyata lebih pintar dalam urusan pola makan dan obat-obatan herbal.

Manusia purba Neanderthal--yang pernah hidup 24-30 ribu tahun lalu--sempat dikira hanya memakan daging. Tapi Dailymail mewartakan penelitian yang menyebutkan bahwa manusia purba juga pemakan sayur mayur.

Para peneliti dari Spanyol, Inggris, dan Australia mengklaim telah menemukan bukti molekuler pertama tentang kebiasaan pola makan manusia Neanderthal.

Manusia purba itu tak cuma memakan makanan yang dimasak, tapi mereka juga paham soal nutrisi dan manfaat medis yang dikandung makanan.

Hasil penelitian yang mencermati kandungan mikrofosil plak di gigi manusia purba dari El Sirdn, Spanyol, mengarah kepada pola makan yang tidak cuma daging, tapi juga sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Dengan kata lain, "Manusia purba memiliki pengetahuan yang kompleks tentang lingkungan sekitarnya, termasuk kemampuan untuk memilih tumbuhan tertentu yang bernutrisi bagus untuk mereka makan dan pengobatan," demikian kata Karen Hardy, salah seorang peneliti yang terlibat dalam riset tersebut.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Apabila Allah memberikan kenikmatan kepada seseorang hendaknya dia pergunakan pertama kali untuk dirinya dan keluarganya.((HR. Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
JK, Terpilih Wapres Biasa Saja, Anak dan Cucu Sedih
JAKARTA -- JAKARTA -- Jusuf Kalla sudah diumumkan secara resmi oleh KPU sebagai cawapres terpilih 2014-2019 pada tanggal 22 Juli kemarin. Ini menjadi kali...