Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wuih, Minyak Kelapa Bisa Dipakai Jadi Bahan Bakar Pesawat!

Tuesday, 17 July 2012, 13:10 WIB
Komentar : 0
Pesawat Cesna (ilustrasi)
Pesawat Cesna (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO---Minyak kelapa yang direkayasa sedemikian rupa bisa menggantikan avtur, bahan bakar pesawat terbang, kata ketua ilmu rekayasa Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Gorontalo, Prof DR FG Winarno, Selasa.
"Indonesia, khususnya pulau Sulawesi dikenal untuk sumber daya kelapa yang melimpah," kata dia, dalam acara workshop mengenai konsep "Triple Helix" di Universitas Negeri Gorontalo.

Dia menjelaskan, kelapa memiliki unsur kimia C12 atau asam lemak dalam skala besar, sebagaimana halnya dimiliki oleh Avtur.
"Bahan bakar dari minyak kelapa, kelak bisa jadi pilihan alternatif, karena lebih ramah lingkungan karena jenis biodiesel," kata guru besar teknologi pangan di Institut Pertanian Bogor itu.

Selain itu, kelapa sejak dulu dikenal sebagai tumbuhan serbaguna, yang dapat member manfaat dari akar, daun, hingga buahnya. Adapun Triple Helix merupakan konsep segitiga antara pihak pemerintah, pelaku bisnis dan perguruan tinggi yang saling mendukung satu sama lain dalam pembangunan daerah. Konsep tersebut, saat ini coba diperkenalkan oleh tim AIPI di Provinsi Gorontalo, dengan mengundang para pihak terkait.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : antara
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Soal DPR Tandingan, Ketua DPD:Tunjukkan Semangat Merah Putih untuk Indonesia Hebat
JAKARTA -- Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR tandingan. Kepada wartawan, Jumat (31/10) ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman turut prihatin. Ia...