Selasa, 27 Zulhijjah 1435 / 21 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wah, Password Orang Indonesia Gampang Dibajak!

Selasa, 12 Juni 2012, 14:06 WIB
Komentar : 1
alarabiya
Internet
Internet

REPUBLIKA.CO.ID, Kaget kalau password kita gampang dibajak? Tak main-main, inilah hasil studi seorang ilmuwan komputer dari Inggris seperti dilansir dailymail.

Josep Bonneau, ilmuwan komputer dari Universitas Cambridge, Inggris, belum lama ini melakukan sebuah studi terhadap 69,3 juta sampel pengguna akun di Yahoo! di berbagai negara. Mulai dari Korea, Cina, Vietnam, Jerman, Prancis, Inggris hingga Indonesia.

Setelah menjalani analisa, Bonneau mengklaim 15% dari kata password yang digunakan pemilik akun Yahoo! di Indonesia lebih mudah dipatahkan hanya dengan menggunakan bahasa lokal yang sama.

"Mereka membuat kata kunci yang sangat mudah untuk ditebak," katanya saat berbicara di depan simposium Security and Privacy di San Francisco beberapa waktu lalu.

Lain Indonesia, lain pula dengan Cina, Bonneau menyebut negara komunis ini sebagai negara dengan pengguna password yang paling kuat. Bonneau mengatakan hanya bisa membobol 4% saja dengan menggunakan bahasa lokal.

Uniknya, dibandingkan pengguna komputer berusia muda, Bonneau menemukan ternyata pengguna berusia lanjut, atau yang berada di atas 55 tahun, justru memiliki kata password yang lebih kuat.

Untuk itu, masih menurut Bonneau, penggunaan password yang memiliki kombinasi lebih sulit diperlukan untuk menjaga akun mereka. Selain itu penggantian password secara rutin juga akan membuat akunnya lebih terproteksi.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : apakabardunia.com
Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim(QS Ali Imran 3)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jokowi: Mari bergerak dan Bekerja Keras
 JAKARTA -- Presiden Indonesia, Joko Widodo menghadiri acara 'Syukuran Rakyat Salam 3 Jari' di Monumen Nasional (Monas), Senin (20/10). Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengajak...