Ahad 10 Sep 2017 09:27 WIB

Wah, Kata Ilmuwan Makan Alpukat Kecerdasan Bisa Bertambah

Rep: Novita Intan/ Red: Endro Yuwanto
Alpukat
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Nutrisi yang ditemukan dalam makanan kaya asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan bisa meningkatkan kecerdasan umum.

Seperti dilansir dari laman, The Indian Express, para peneliti atau ilmuwan menemukan bahwa kecerdasan umum dikaitkan dengan jaringan perhatian dorsal otak. Ini memainkan peran sentral dalam tugas yang menuntut perhatian dan pemecahan masalah sehari-hari. Secara khusus, kecerdasan umum ditemukan dengan seberapa efisien jaringan perhatian dorsal berfungsi secara maksimal.

Studi ini menemukan bahwa hubungan ini didorong oleh korelasi antara MUFA dan jaringan-jaringan perhatian otak.

"Temuan kami memberikan bukti baru bahwa MUFA terkait dengan jaringan otak yang sangat spesifik, jaringan atensi dorsal, dan seberapa optimal jaringan ini diatur secara fungsional," kata pemimpin penulis Aron Barbey, profesor di University of Illinois-Urbana-Champaign, akhir pekan ini. "Ini penting karena jika ingin mengembangkan intervensi nutrisi yang efektif dalam meningkatkan kinerja kognitif, kita perlu memahami cara nutrisi ini mempengaruhi fungsi otak."

Untuk penelitian yang dipublikasikan di Jurnal NeuroImage, tim meneliti hubungan antara kelompok asam lemak dan jaringan otak yang mendasari kecerdasan umum. Dengan melakukan hal tersebut, peneliti berusaha memahami apakah organisasi jaringan otak memediasi hubungan antara asam lemak dan kecerdasan umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement