Kamis , 15 Juni 2017, 12:50 WIB

Apple Kembangkan Perangkat Lunak untuk Mobil Otonomos

Rep: SHELBI ASRIANTI/ Red: Esthi Maharani
Time
Apple
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, Raksasa teknologi Apple telah mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang mengembangkan teknologi di ranah kendali otonom. Apple mengisyaratkan adanya sejumlah inovasi sistem yang bakal dihadirkan untuk mendukung mobil otonomos alias mobil yang dapat menyetir sendiri.

"Sangat jelas salah satu tujuan sistem otonom adalah mobil yang dapat mengemudi sendiri. Namun akan ada banyak hal lain," kata CEO Apple Tim Cook pada sebuah sesi wawancara dengan Bloomberg.

Pernyataan itu menjawab spekulasi menahun mengenai rencana Apple untuk masuk ke pasar mobil. Inisiatif yang disebut sebagai "Project Titan" itu dilaporkan sudah ada sejak 2014 dan salah satunya berisi target Apple akan punya mobil listrik sendiri pada 2019.

Laporan terkini menyebut Apple lebih memilih fokus pada pengembangan teknologi penggerak mobil otonomos daripada membuat kendaraan sendiri dari nol. Terkait hal ini, CEO Cook tidak mengungkap detail tambahan apapun tentang produk maupun inovasi teknologi yang dibuat Apple.

Meski belum jelas seperti apa dan kapan teknologi baru Apple itu bakal hadir, perusahaan sudah beberapa kali menguji sistem besutannya di area publik. Pada April 2017, pembuat iPhone tersebut mendapatkan izin untuk mencoba tiga mobil SUV tanpa pengendara di sejumlah ruas jalan California, AS.

Cook menyebut apa yang sedang dikembangkan Apple sebagai bagian penting dari pengembangan mobil self-driving. Komentar ini muncul saat sejumlah perusahaan berlomba mengembangkan diri sebagai pemimpin di pasar kendaraan otonom dan saling bersaing di bidang kecerdasan buatan.

"Kami semacam melihatnya sebagai ibu dari semua proyek kecerdasan buatan. Ini mungkin salah satu proyek kami yang paling sulit, yang benar-benar harus dipersiapkan sangat matang," kata Cook, dilansir dari laman Time.

 

Sumber : Center