Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Google Kenang Penyanyi Jerman Marlene Dietrich

Rabu 27 Desember 2017 13:45 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Marlene Dietrich tampil di Google Doodle hari ini.

Marlene Dietrich tampil di Google Doodle hari ini.

Foto: Dok: Google

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Google membuat doodle untuk mengenang penyanyi dan aktris Jerman, Marlene Dietrich. Sosok ikonik berambut pirang itu ditampilkan mengenakan setelan formal berwarna biru dengan nuansa latar senada.

Perempuan bernama asli Marie Magdalene Dietrich itu lahir pada 27 Desember 1901 di Berlin, Jerman. Laman Wikipedia menginformasikan, ia memiliki kewarganegaraan Jerman dan Amerika Serikat serta tercatat punya masa karier cukup panjang, antara 1920-an sampai 1980-an.

 

Namanya terutama dikenal karena membintangi panggung dan berbagai film bisu. Penampilan sebagai Lola-Lola di film The Blue Angel pada 1930 membuat sosoknya mengemuka ke ranah internasional dan mendapat kontrak dari Paramount Pictures.

 

Marlene pun mulai kerap membintangi beberapa film Hollywood seperti Morocco, Shanghai Express, dan Desire. Pesonanya yang glamor dan eksotis membuat ia menjadi salah satu aktris dengan bayaran termahal pada era tersebut.

 

Selama Perang Dunia II, Marlene dianggap sebagai praktisi hiburan berkelas di Amerika Serikat. Seusai perang, ia sesekali membuat film, namun sebagian besar waktunya antara 1950 sampai 1970 dihabiskan dengan menghibur ke berbagai belahan dunia.

 

Marlene juga aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti menampung warga Jerman dan Prancis, memberikan dukungan finansial, dan memfasilitasi mereka mengurus kewarganegaraan AS. Aksinya itu diganjar sejumlah penghargaan dari AS, Prancis, dan Belgia.

 

Pada 1999, Institut Film Amerika menobatkannya masuk dalam sembilan besar bintang film klasik Hollywood paling terkemuka. Marlene tutup usia pada 6 Mei 1992 di kediamannya di Paris, Prancis, setelah mengidap gagal ginjal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA