Jumat , 15 September 2017, 06:26 WIB

Lima Manfaat Positif Media Sosial

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
Womanitely
Bermain sosial media. Ilustrasi
Bermain sosial media. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial sering kali dikaitkan dengan sesuatu hal yang buruk dan negatif. Padahal, banyak hal positif yang bisa digunakan dalam kehidupan untuk mendorong menjadi sosok yang lebih baik.

Dikutip dari Womanitely, berikut ini manfaat baik yang bisa didapatkan ketika menghabiskan waktu di media sosial.

Media sosial bisa menyelamatkan hidup
Media sosial menempatkan dunia di telapak tangan Anda, sebab terdapat koneksi ke banyak orang di seluruh dunia. Media sosial membuat Anda berhubungan dengan orang-orang yang dapat membantu dan diberikan bantuan.

Contoh paling dekat seperti penggalangan dana yang dilakukan beberap orang untuk membantu Etnis Rohingya di Myanmar. Jika biasanya pengalangan dana hanya bisa dilakukan dalam batas tempat tertentu, namun media sosial semakin memperluasnya.

Alat yang sangat bagus
Media sosial menjadi alat membuat Anda dapat terus-menerus mengetahui tentang apa pun untuk tetap terhubung. Misalnya, Twitter digunakan untuk melihat laporan cuaca atau update berita global secara acak. Facebook sudah cukup cekatan saat menawarkan beberapa hal menarik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga tidak bisa melupakan penggunaan "berbagi". Mengklik sebuah tombol dan menyebarkan berita tentang sesuatu yang Anda sukai tidak pernah semudah ini bukan?

Mengembangkan kemampuan komunikasi
Berapa banyak Anda membaca online setiap hari? Hampir semua hal yang Anda lakukan terhubung ke Internet dan media sosial dalam beberapa hal, termasuk mencari informasi.

Ada beberapa contoh banyak yang membuat hoax atau saling bertengkar. Namun, untuk sebagian besar, orang telah belajar bagaimana mengekspresikan diri mereka dalam pernyataan ringkas namun informatif melalui Twitter.

Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya, tapi membaca dan menulis pesan teks, email, update status teman terbaik Anda, blog, dan bahkan resep yang muncul di Facebook meningkatkan kemampuan membaca dan kosa kata Anda. Melalui pesan suara dan aplikasi seperti Snapchat, orang bisa belajar berbicara di depan umum.

Membuat bersosialisasi
Selain manfaat yang sudah dijabarkan, media sosial memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dengan minat yang sama. Meski begitu, pengguna pun tetap terlibat dalam kehidupan masing-masing bahkan ketika kita terpisah ratusan atau ribuan mil. Anda mungkin menemukan diri Anda mengomentari sesuatu yang dibagikan dari seseorang yang tidak Anda kenal dan mendapatkan percakapan yang baik.

Anda mungkin menemukan diri Anda menuju ke kafe internet untuk menggunakan Wi-Fi dan bertemu dengan orang lain yang menyukai minat yang sama. Media sosial memungkinkan orang berhubungan dengan orang dan tempat yang seharusnya jauh dari jangkauan.

Media sosial menyatukan manusia
"Ini adalah dunia maya." Banyak koneksi yang dapat dibuat melalui media sosial. Menggunakan platform seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter telah memberi Anda alat yang diperlukan untuk terhubung ke teman, keluarga, bahkan membuat pertemanan baru.

Media sosial memungkinkan Anda melihat budaya lain di dunia. Media sosial memberi akses ke kejadian terkini di luar bidang yang diminati.

Media sosial memang mendapatkan reputasi buruk untuk membuat kehidupan orang lain terlihat jauh lebih baik atau memberi informasi yang keliru. Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat membantu Anda dan pada gilirannya, ini dapat memperluas pengetahuan dan perspektif Anda di dunia.