Selasa , 29 December 2015, 15:51 WIB

Download Film HD Cukup 1 Detik dengan Layanan Ini

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
familyshare.com
Anak bermain internet (ilustrasi)
Anak bermain internet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang pasti mendampakan layanan internet yang super cepat. Kini, perusahaan Comcast menawarkan kecepatan download dengan kecepatan gigabit. Dilansir dari laman Mashable, perusahaan Comcast telah mengumumkan pekan lalu mereka mengistal DOCSIS 3.1 modem pada jaringan pelanggan di Philadelphia untuk kali pertamanya dengan layanan ultra cepat.

DOCSIS (Data Over Cable Service Interface Specification) 3.1 bekerja melalui jaringan koaksial serat hybrid yang ada. "Yang kami butuhkan adalah modem baru, upgrade perangkat lunak untuk perangkat yang berfungsi lingkungan itu, dan beberapa insinyur yang baik," ujar VP Eksekutif Comcast dan CTO Tony Werner menulis dalam sebuah postingan blog.

Duh, Internet Bikin Orang Jadi Peragu

Ada pula layanan lain Comsact gigabit Pro yang memberikan kecepatan akses internet 2 Gbps, tapi layanan ini baru bisa bekerja di dekat jaringan fiber Comcast. Layanan ini dikenakan biaya sebesar Rp 4,2 juta per bulan termasuk biaya instalasi, aktivasi dan maintenance. Bayangkan, untuk mendownload satu film HD (High Definition) hanya memerlukan waktu satu atau dua detik. Padahal biasanya memerlukan waktu berjam-jam. Sayangnya layanan ini hanya baru ada di Amerika Serikat.

Comcast berencana untuk menguji teknologi gigabit baru di rumah selama beberapa bulan mendatang sebelum mulai banyak menyebarkan kepada pelanggan. Perusahaan mengklaim akan mulai menawarkan layanan kecepatan gigabit baru sebelum akhir 2016. Comcast mengatakan itu sudah melakukan uji coba di Pennsylvania, California Utara dan Atlanta, Georgia.

Kira-kira, kapan ya Indonesia bisa menikmati internet ultracepat seperti itu?

 

berita menarik lainnya:

Padi Ramah Lingkungan Jadi Terobosan Paling Penting Tahun Ini

Samsung Pay Perluas Jangkauan ke AS