Jumat , 05 December 2014, 10:27 WIB

Plazakamera.com Panaskan Bisnis e-Commerce

Red: Taufik Rachman
Plazakamera.com
Plazakamera.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jagad e-commerce makin marak saja. Sebuah toko online untuk perlengkapan dan aksesoris fotografi dan video yang awalnya bermain di forum seperti Kaskus Plazakamera.com, mulai masuk ke pasar ecommerce nasional.

Sekalipun bermain di forum, Plazakamera.com yang berasal dari Surabaya cukup sukses. Dalam tiga tahun terakhir mampu membukukan pertumbuhan 1.100 persen.

Rico Satria Chandra founder PlazaKamera.com optimistis dengan bisnisnya."Kami percaya asalkan memberikan servis yang handal dan terpercaya, pelanggan pasti akan setia,'' kata Rico.

Ia menyatakan bahwa pertumbuhan PlazaKamera adalah hasil dari kerja keras dan mengandalkan pengembangan bisnis berkelanjutan (sustainable business development.

Mantan financial planner mengaku bangga, karena hanya dalam tiga tahun, Plazakamera menjadi referensi para penghobi dan professional di bidang fotografi dan videografi dengan rata-rata transaksi bulanan sebanyak 2.500 pengiriman barang.

Rico berharap toko online-nya memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif dalam negeri. PlazaKamera telah menjual setidaknya 800.000 item beragam aksesoris.

Ihwal ranah bisnis yang digeluti, Rico berdalih bahwa Rico menyatakan bahwa pemain yang menjual kamera sudah. "Yang penting Riset dan Produk kami baik, customer service dan customer experience bagus, kami yakin pasti tidak sulit untuk ekspansi dan melakukan penetrasi pasar baru di seluruh nusantara,'' ujar Rico.

"Surabaya memang sedikit tertinggal karena ekosistem digital startup disana belum matang dan belum ramai seperti di Jakarta. Tetapi dengan membawa PlazaKamera ke kancah nasional melalui peluncuran fitur e-commerce nya; kami sangat berharap bisa memberi kontribusi dalam pematangan ekosistem industri digital startup di Surabaya,'' kata Rosari Soendjoto, CMO Ad Interim PlazaKamera.