Sabtu , 24 Mei 2014, 22:27 WIB

Ingin Jual-Beli Kendaraan? Carmudi Kini Bisa 'Mobile'

Red: Mansyur Faqih
carmudi
Carmudi (Ilustrasi)
Carmudi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan iklan baris kendaraan online, Carmudi mengumumkan optimasi situsnya untuk pengaksesan dari perangkat bergerak. Baik smartphone mau pun tablet. 

"Di pasar negara berkembang, smartphone dan tablet semakin menjadi perangkat penting. Kami percaya bahwa berbelanja dengan perangkat mobile (mobile shopping) akan menjadi bagian signifikan bagi sektor e-commerce global di masa depan," kata Co-Founder Carmudi Stefan Haubold dalam keterangan resminya, Sabtu (24/5).

Karenanya, kata dia, Carmudi mengambil bagian dengan menawarkan layar kedua untuk (jual beli) mobil, motor, dan kendaraan komersial. "Optimasi kami untuk situs mobile adalah langkah berikutnya untuk mencapai tujuan menjadi yang pemain utama untuk segmen iklan baris kendaraan di target pasar kami,” tutur Haubold.

Ia menambahkan, menurut data global 2013, saat ini 55 persen akses ritel secara online dilakukan melalui perangkat mobile. Hanya 45 persen yang melalui desktop/PC

Konsumen Carmudi yang terletak di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin kini bisa mengakses informasi penjualan mobil, motor, atau kendaraan komersial melalui genggaman.

Hadir di Indonesia akhir Januari lalu, Carmudi telah dimanfaatkan terutama untuk penjualan mobil dan kendaraan komersial bekas. Segmen kendaraan komersial menjadi pembeda Carmudi jika dibandingkan dengan pemain lama seperti Mobil123 atau RajaMobil atau bahkan layanan iklan baris besar seperti Tokobagus dan Berniaga. 

Selain di Indonesia, Filipina dan Vietnam menjadi pasar yang dibidik oleh Carmudi. Pada awalpeluncurannya, Carmudi telah bekerja sama dengan bursa mobil bekas dan baru di Jakarta dan sekitarnya. Antara lain bursa mobil Kemayoran, Kelapa Gading, dan Bekasi.

Termasuk juga diler seperti Bendi 21 Cinere, Bendi 21 Bintaro, Sky Motor hingga Galeri Mobil. Kini Carmudi telah memiliki lebih dari empat ribu listing penawaran mobil di Indonesia. Mulai dari merek mahal Rolls Royce, hingga yang paling terjangkau sekali pun. 

Konsumen dapat memilih mobil yang diinginkan berdasarkan harga, jarak yang sudah ditempuh, tahun pembuatan, lokasi, kondisi (baru, lama atau rusak). Untuk mengurangi kemungkinan penipuan, konsumen bisa memilih untuk melihat hanya dari penjual yang sudah diverifikasi.

Carmudi juga memiliki fitur yang dapat terhubung langsung dengan Google Map. Sehingga sangat memudahkan untuk melihat kendaraan yang diinginkan dan bernegosiasi langsung kepada penjual.

Berita Terkait