Kamis , 16 Januari 2014, 14:09 WIB

Facebook Ditinggalkan 11 Juta Pengguna Remaja

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Citra Listya Rini
mrsimpel.blogspot.com
Facebook (ilustrasi)
Facebook (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Akun jejaring sosial Facebook ditinggalkan lebih dari 11 juta pengguna usia remaja. Analis dari konsultan digital iStrategy Labs mengatakan sejak tahun 2011 anak-anak muda mulai meninggalkan situs Facebook dan beralih ke aplikasi lain seperti WhatsUp, maupun Snapchat.

Berdasarkan data dari iStrategy, Facebook memiliki 4,2 juta pengguna berusia sekolah dan 6,9 juta pengguna usia mahasiswa pada tahun 2011. Sejak akhir tahun lalu, Facebook juga telah mengakui minat remaja mengakses situs pertemanan itu makin berkurang.

Dari sisi bisnis, saham Facebook sempat melonjak 15 persen menjadi 57,98 Dolar mengikuti kabar gembira dari berita keuntungan perusahaan.

Sayangnya, saham kemudian anjlok menjadi 47,40 dolar AS lantaran pernyataan dari salah seorang petinggi Facebook yang mengeluhkan minat remaja menggunakan situs ini.

"Kami melihat tren penurunan pengguna sehari-hari, khusuusnya anak muda," kata Chief Financial Officer Facebook David Ebersman seperti dilansir Daily mail.

Studi terbaru juga mengatakan Facebook ditinggalkan oleh remaja sebab di dalam Facebook terlalu banyak orang dewasa. Alhasil, para remaja banyak beralih ke Twitter, Instagram dan layanan Snapchat dalam jumlah yang signifikan.