Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Penjualan eBook Sumbang 6 Persen Pendapatan Penerbit

Thursday, 19 July 2012, 13:35 WIB
Komentar : 1
Los Angeles Times
iPad Apple
iPad Apple

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penjualan ebook meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2011 membawanya menjadi sekitar 2,07 miliar dolar AS untuk industri penerbitan AS.

Data dari Asosiasi Penerbit Amerika dan Kelompok Penelitian Industri Buku mengatakan, ebook meningkat dari 869 juta dolar AS pada 2010. Tahun lalu, ebook menyumbang sekitar enam persen dari pendapatan penerbitan secara keseluruhan, lapor AFP.

Jumlah ebook juga naik dua kali lipat menjadi 388 juta, dan mewakili 15,5 persen dari buku yang terjual pada "sektor perdagangan," yang berarti fiksi dan non-fiksi untuk orang dewasa dan anak-anak.

Namun, ebook belum menyusul "hardcover" tradisional atau novel, yang mewakili sebagian besar pendapatan bersih penerbit sebesar 11,1 miliar pada 2011.

Keuntungan terbesar untuk ebook datang dalam fiksi dewasa, di mana ia menyumbang 30 persen dari pendapatan. Angka itu naik 117 persen dan menghasilkan 1,27 miliar dolar AS dalam pendapatan tahun lalu, kata laporan itu.

Secara keseluruhan penjualan untuk industri penerbitan sedikit meningkat pada 2011 sebesar 0,5 persen pada 13,97 miliar dolar AS.

Dan meskipun penjual buku terbesar Borders bangkrut, yang menutup 500 toko, ritel "brick-and-mortar" tetap saluran penjualan teratas dengan penjualan 8,59 miliar dolar AS.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: Jadilah. Lalu jadilah ia. (QS.Al-Baqarah [2]:117)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Teknologi yang Dimanfaatkan Polisi Modern
INDIANA -- Jejaring sosial di Amerika kadang diramaikan dengan rekaman kamera ponsel menunjukkan tuduhan pelanggaran oleh oknum polisi. Perkembangan ini membuat kepolisian di...