Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

YouTube Luncurkan Fitur Blur Wajah

Kamis, 19 Juli 2012, 10:24 WIB
Komentar : 1
AP
Youtube
Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Youtube telah menambahkan fasilitas baru yang dapat menyamarkan (blur) wajah seseorang dari video yang di unggah ke situs tersebut.

Fasilitas ini dibuat untuk memenuhi keinginan para aktivis yang ingin membagi video unjuk rasa dan  ingin wajah  para pelaku di rekaman itu  tidak dikenal. YouTube mengisyaratkan fitur lainnya akan mengikuti sebagai "langkah awal menuju layanan anonim visual."

Tetapi, YouTube mengatakan belum bisa menjamin fungsi tersebut selalu dapat langsung berjalan. YouTube juga mengatakan pengaman lainnya masih diperlukan.

"Ini teknologi terbaru yang terkadang masih kesulitan dalam mendeteksi wajah dengan angle, tata cahaya, penghalang, dan kualitas video yang berbeda,' kata Google dalam blognya.

"Karena faktor hak asasi yang khususnya menimbulkan risiko bagi pengunggah video dan mereka yang wajahnya masuk dalam rekaman, penting untuk mencari cara lain untuk melindungi diri anda dan orang yang ada dalam video," tambah dia.

Pengguna yang akan menggunakan fasilitas ini pertama-tama harus mengunggah rekaman mereka sebelum menentukan fasilitas yang akan dipakai di tool Video Enhancement. Mereka akan diberikan kesempatan untuk melihat video yang telah diblur sebelum benar-benar disiarkan kepada orang lain.

Google pernah menggunakan teknologi yang sama untuk memblur wajah dan nomor plat kendaraan yang terekam dalam Street View.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, (( QS.An Anfaal 8 : 53 ))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar