Kamis , 15 Agustus 2013, 12:59 WIB

Microsoft Tunda Peluncuran Xbox One di Delapan Negara

Red: Yudha Manggala P Putra
AP
Konsol game Xbox One
Konsol game Xbox One

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana Microsoft untuk meluncurkan Xbox One sekaligus di 21 negara pada November tahun ini nampaknya tidak semulus yang diperkirakan.

Seperti dilansir The Verge, Rabu (14/8), Microsoft memutuskan mengubah rencana peluncuran tersebut dengan menunda dan mengundur kehadiran konsol game teranyar mereka di delapan negara Eropa hingga 2014. Delapan negara tersebut adalah Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, Rusia, Swedia, dan Swiss.

Alhasil, hanya akan ada 13 negara yang bisa langsung merasakan Xbox One pada November tahun ini: Australia, Austria, Brasil, Kanada, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Meksiko, Spanyol, Inggris, AS, dan New Zealand.

Meski tidak memaparkan secara rinci mengenai alasan penundaan tersebut, Microsoft mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya berhubungan dengan dukungan dashbord Xbox One, suara dan bahasa, dan juga kemitraan untuk aplikasi di sejumlah negara.

Bagi pelanggan di delapan negara yang sudah memesan sebelumnya, Microsoft menjanjikan bakal menyertakan paket game saat konsol itu diluncurkan pada 2014.

"Kami mengerti ini akan menjadi berita mengecewakan bagi penggemar kami di negara yang terdampak, dan kami akan melakukan segala upaya untuk menghadirkan Xbox One kepada Anda secepat mungkin tahun depan," ungkap tim Xbox melalui blog mereka.