Minggu, 7 Rajab 1436 / 26 April 2015
find us on : 
  Login |  Register

Linux Rambah Pasar Ultrabook

Jumat, 20 Juli 2012, 19:15 WIB
Komentar : 0
Dell XPS 13
Dell XPS 13

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sistem operasi komputer bersumber terbuka (open source) Linux akan merambah pasar Ultrabook melalui produsen komputer, Dell. Dell, seperti dikutip laman resminya, berencana meluncurkan laptop 13 inci berbasis Ubuntu 12.04LTS yang disebut XPS 13, pada musim gugur 2012.

"Dell mengumumkan perluasan tiga inisiatif piranti lunak bersumber terbuka dan komputasi cloud yang diformalkan sebagai Project Sputnik," sebut pengumuman resmi Dell. Sistem dalam produk berbasis Ubuntu itu menawarkan para pengembang layanan solusi klien-ke-cloud menyeluruh. 

Piranti lunak yang tertanam dalam XPS 13 memungkinkan para pengembang membentuk "microcloud" pada laptop mereka, menyimulasikannya pada skala lingkungan dan meletakkan lingkungan secara halus ke komputasi cloud.

"Project Sputnik merupakan contoh bagus inovasi yang didorong karyawan berdasar program inkubasi Dell sehingga menjadi mungkin," kata pendukung eksekutif program inkubasi Dell, Nnamdi Orakwue, dalam situs resmi Dell.

Dell XPS 13 merupakan notebook dengan ketebalan 6 milimeter (titik tertipis) hingga 18 milimeter. Pada versi sistem operasi Microsoft Windows 7, Dell XPS 13 ditawarkan dalam dua pilihan prosesor, Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
'Kriminalisasi dan Monsterisasi Dakwah'
JAKARTA -- Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto mengatakan ada gejala yang sangat mengkhawatirkan, yakni adanya kriminalisasi dan 'monsterisasi' dakwah. Monstersasi...