Selasa , 26 June 2012, 11:31 WIB

Perang Tablet, Nexus-iPad Mini-Surface, Pilih Mana?

Red: Endah Hapsari
Ciccarese Design/Federico Ciccarese
Konsep desain iPad mini berukuran 7,85 inchi
Konsep desain iPad mini berukuran 7,85 inchi

REPUBLIKA.CO.ID, Google bersiap mengambil alih tahta iPad dengan meluncurkan tablet produksinya selebar tujuh inci: Nexus. Tablet yang resmi diberi nama Nexus itu disebut akan tampil dalam sentuhan warna hitam dan putih dengan chip canggih 'Tegra3'. Yang menarik, tablet Google ini dibanderol dengan harga sangat kompetitif, yaitu 250 dolar AS untuk model 16 GB dan 199 pounds untuk model 8 GB.

Kehadiran tablet android sebenarnya bukan barang baru. Apalagi, Acer dan Samsung sudah lebih dulu meluncurkan model serupa. Namun, kini giliran Google unjuk gigi. Membuat sendiri tablet itu, Google tampaknya mampu memangkas bujet dengan sangat optimal. Bila taktik ini berhasil, Google diperkirakan akan mampu menarik perhatian orang pada produk Apple yang menawan namun terbilang mahal.

Telepon Nexus dan agaknya juga tablet akan mendapatkan software terbaru Google. Dengan begitu, boleh dibilang tablet ini juga akan mendapatkan upgrade 'Jelly Bean', versi terbaru android yang dijadwalkan muncul musim gugur ini.

Layar tujuh inci juga seakan menjadi langkah yang manjur untuk menentang Apple. Perusahaan ini setidaknya di masa Steve Jobs menolak membuat model yang lebih kecil karena Jobs tak menyukai ini. Namun, Apple tampaknya berubah pikiran karena adanya pesanan dari Apple untuk membuat iPad mini sebesar tujuh inci.

iPad mini sendiri dikabarkan akan sebesar 7,85 inci dengan resolusi 1024x768. Ukurannya menyusut sedikit dibanding iPad reguler.

Saingan lain datang dari Microsoft yang hadir di pasar tablet lewat Surface. Peluncuran pertama produk ini sudah disambut hangat. Namun, tampaknya harga yang dibanderol cukup mahal karena masuk dalam jajaran model premium.

Akhirnya, pilihan terakhir ada di tangan konsumen. Tablet manakah yang Anda pilih?

Google Nexus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surface Microsoft

 

 

 

Sumber : dailymail