Jumat, 5 Syawwal 1435 / 01 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Apa Sih Kelebihan Nokia 808 PureView?

Senin, 11 Juni 2012, 10:31 WIB
Komentar : 6
Nokia 808 PureView
Nokia 808 PureView

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nokia 808 Pure View rupanya menarik perhatian dunia. Berbagai penghargaan diraih oleh smartphone terbaru Nokia ini. Antara lain Best Mobile Device 2012 versi GSM Association.

Lantas, apa saja kelebihan Nokia 808 Pure View. Karena memiliki kamera dengan sensor hingga 41 mega piksel. Atau ada kelebihan lain dibalik kamera ini.

Product Manager Nokia Indonesia, Anvid Ardian menyebut ada sejumlah keunggulan yang dimiliki ponsel ini dan belum dimiliki smartphone lain. ''Imaging memang salah satu kelebihan. Selain imaging ada kelebihan lain yang belum dimiliki produk lain,'' ujar Anvid.

Imaging, memang menjadi selling point utama. Nokia 808 Pure View seolah melanjutkan terobosan yang dilakukan Nokia di pasar smartphone berkamera. Kita masih ingat bagaimana Nokia N95, N86 dan N8 mengguncang pasar smartphone karena mengusung kamera dengan mega piksel tertinggi saat itu.

Nokia kembali mengguncang pasar Smartphone dengan Nokia 808 Pure View yang memiliki kamera 41 mega piksel. Sementara di pasaran, kamera yang dibenamkan di smartphone baru 12 mega piksel.

Lalu apa yang bisa dilakukan pegguna dengan ponsel ini. Apakah sensor tinggi--bahkan melebihi sensor kamera dSLR saat ini--, tidak merepotkan penggunanya.Karena sensor tinggi otomatis akan meningkatkan pula besarnya file yang dibutuhkan untuk satu hasil bidikan.

Rupanya Nokia telah mempertimbangkan faktor ini. Sensor besar dan resolusi yang besar tidak identik dengan file yang harus besar pula. Nokia bersama dengan Carl Zeiss mengembangkan suatu sistem alghoritma.

Sistem yang kemudian melahirkan teknik over sampling ini mampu menekan sedemikian rupa jumlah piksel yang dihasilkan dari suatu hasil pemotretan. Super piksel, inilah nama yang dilekatkan untuk sistem penggabungan piksel. Super piksel mampu menggabungkan tujuh piksel menjadi satu piksel untuk gambar yang paling jelas.

Penggabungan piksel inilah yang menjadikan hasil bidikan tidak membutuhkan kapasitas file yang besar. Untuk pemotretan dengan resolusi maksimal--mencapai 38 mega piksel--, hanya membutuhkan file 3 MB. Untuk resolusi yang lebih rendah hanya dibutuhkan file sekitar 1 MB saja.

Sekalipun file yang dibutuhkan relatif kecil,kualitas gambar tidak akan mengalami degradasi yang tinggi sebagaimana banyak dijumpai saat dilakukan kompresi. Kualitas tetap terjaga sekalipun file disimpan dalam ukuran yang relatif kecil.

Dalam dimensi operasional kamera, ponsel ini menggunakan teknologi lossless zoom, bukan digital zoom atau optical zoom. Hasil pengambilan gambar menggunakan zoom diklaim lebih baik. Karena kamera hanya akan fokus pada gambar yang di zoom saja.

Jangan kaget jika suatu saat Anda membidik suatu objek, Anda akan mendapatkan gambar diluar perkiraan Anda. Misalny Anda memotret sebuah perkampungan dari lantai sebuah apartemen. Lantas, ketika anda men-zoom hasil bidikan Anda, akan akan mendapatkan sebuah gambar anak-anak tengah bermain-main.

Blur, menjadi salah satu kelebihan lain. Pada kebanyakan kamera terjadi blur pada latar belakang--dikenal dengan Bokeh. Blur umumnya timbul pada hasil pemotretan di luar fokus atau pengambilan dengan makro. PureView diklaim mampu mengatasi soal bokeh ini, lantaran kameranya memiliki focal length hingga 8.02 milimeter, jauh diatas focal length smartphone berkamera yang berkisar pada angka 4 milimeter.

Video merupakan nilai lebih yang lain. Nokia mengklaim bahwa ponsel ini mampu merekam dan memainkan video HD 1080p. Untuk pengambilan gambar bisa di zoom 4x tanpa mengurangi kualitas gambar. Pengguna bisa menzoom hingga 6x untuk gambar dengan kualitas 720p. Ia didukung dengan Rich Recording yang mampu merekam suara setara dengan kualitas compact disk (CD).

Nokia 808 Pureview juga memiliki kualitas audio terbaik. Ponsel ini mampu mengalirkan suara hingga level 140 db tanpa ada gangguan. Ia menghadirkan musik high fidelity yang akan memanjakan telinga Anda. Penasaran, coba saja sendiri.

 

Redaktur : Taufik Rachman
Hai Bani Israil, ingatlah akan nimat-Ku yang telah Ku-anugerahkan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu atas segala umat. (QS. Al-Baqarah [2]:122)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tren Arus Mudik Saat Arus Balik di Pasar Senen
 JAKARTA -- Pada H+3 Stasiun Pasar Senen tak hanya menerima arus balik. Geliat arus mudik di Stasiun ini masih cukup tinggi. Menurut Kepala Humas...