Thursday, 25 Syawwal 1435 / 21 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Aplikasi Android Bisa Kok Berjalan di OS Windows

Wednesday, 18 January 2012, 08:09 WIB
Komentar : 1
Android market
Android market

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Siapa bilang aplikasi Android tidak bisa dijalankan di sistem operasi Windows? Beberapa waktu lalu mungkin iya, tapi sekarang anggapan itu sudah tidak berlaku lagi.

BlueStacks telah menciptakan sebuah software--namanya App Player BlueStacks--yang membuat aplikasi Android terkemuka bisa dijalankan fullscreen di perangkat Windows.

BlueStacks bahkan menawarkan download versi alpha bila pengguna ingin mencoba menjalankan aplikasi Android di PC atau tablet bersistem operasi Windows, meskipun sekarang baru terbatas pada dua OS versi terakhir Microsoft, Windows 7 dan Windows 8.

"Kamu juga bisa mentransfer banyak aplikasi ke BlueStacks dari perangkat Android kamu menggunakan aplikasi mobile Cloud Connect kami," kata Blue Stacks dalam satu pernyataan di web site-nya.

BlueStacks sebenarnya sudah setahun lalu membuat software itu untuk Windows 7, namun sekarang sejumlah vendor dikabarkan telah dalam pembicaraan untuk menyertakan preinstalled progam itu pada Windows 8.

CEO BlueStacks Rosen Sharma disela Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas pekan lalu mengungkapkan mengenai dampak yang dimiliki perangkat itu.

"Metro UI indah, tetap juga satu hal utama yang tidak dimiliki dalam Windows 8 adalah aplikasi-aplikasi," katanya. "Ini perubahan dari semua itu."

Kerja integrasi Windows 8 dengan antarmuka Metro, menciptakan kotak-kotak untuk aplikasi-aplikasi Android yang terlihat dan terasa layaknya mereka aplikasi Metro, tulis CNet mengutip paparan BlueStacks disela CES.

Diakui aplikasi BlueStacks itu secara efektif menghilangkan kekhawatiran selama ini bahwa Windows 8 tidak memiliki aplikasi yang cukup untuk bersaing dengan iOS dan Android.

BlueStacks telah membawa seluruh perpustakaan aplikasi Android ke dalam sistem Windows.

Menurut Rosen, sebagian besar orang di Microsoft yang telah diajaknya bicara, telah menerima BlueStacks untuk menjalankan aplikasi pada Windows. "Microsoft mendapatkan semua aplikasi yang mereka inginkan."

CNet melaporkan bahwa beberapa produsen hardware telah menggunakannya, meskipun BlueStacks masih enggan menyebutkan secara detil.

Beberapa di antaranya AMD, di mana BlueStacks telah tersedia di komputer demo di booth perusahaan itu di CES. Hewlett-Packard juga akan menyediakan software itu pada PC All-in-One mereka.

Kemudian pendatang baru asal Taiwan, InHon, yang akan merilis jajaran ultrabook serat-karbon pada Maret mendatang. InHon akan menyertakan BlueStacks dalam lini komputer bersistem Windows 7 dan Windows 8 pada tahun ini.

Dalam ujicoba di ajang CES, BlueStacks bekerja sama smooth-nya pada Windows 7. Mau mencoba silakan download versi alpha-nya di bluestacks.com.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara
Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: Jadilah. Lalu jadilah ia. (QS.Al-Baqarah [2]:117)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar