Kamis, 05 Januari 2012, 20:14 WIB

Dewan Direksi Nokia Usulkan Risto Siilasmaa Sebagai Chairman

Red: taufik rachman
Moconews
Markas Nokia di Finlandia
Markas Nokia di Finlandia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dewan direksi produsen ponsel Finlandia, Nokia, akan mengusulkan Risto Siilasmaa sebagai chairman berikutnya setelah kepemimpinan panjang, Jorma Ollila, yang mundur mulai Mei.

Reuters mengutip surat kabar Helsingin Sanomat melaporkan, Siilasmaa (45) telah menjadi anggota direksi Nokia sejak 2008 dan dikenal sebagai pendiri dan chairman perusahaan perangkat lunak F-Secure. Ia juga pemimpin dewan direksi perusahaan operator telekomunikasi Finlandia, Elisa.

Komite pencalonan dewan direksi ingin memilih chairman dari anggota direksi asal Finlandia sekarang ini. Chief executive Stephen Elop, bukan orang Finlandia pertama yang masuk jajaran manajemen, belakangan menjadi perhatian setelah kekhawatiran akan memindahkan markas besar perusahaan ke luar negeri.

Orang Finlandia lainnya yang duduk dalam dewan direksi Nokia adalah CEO Stora Enso Jouko Karvinen, chief executive Sampo Kari Stadigh, prosesor Massachusett Institute of Technology Bengt Holmstrom.

Sebuah pertemuan pemegang saham akan memutuskan pengganti Ollila 3 Mei. Dewan diharapkan akan mempublikasikan proporsi dewan direksi baru pada 26 Januari setelah laporan laba kuartal keempat Nokia.

Jorma Ollila (61), memimpin transformasi Nokia dari sepatu boot karet dan konglomerat TV menjadi sebuah perusahaan ponsel raksasa, tetapi dalam beberapa tahun terakhir perusahaan berjuang keras di persaingan pasar smartphone.

Sumber : antara