Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Selasa, 8 Sya'ban 1439 / 24 April 2018

Mendalami Pendidikan Karakter Lewat Matematika

Selasa 02 Januari 2018 00:19 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kegiatan pesantren matematika.

Kegiatan pesantren matematika.

Foto: klinik pendidikan mipa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Gelaran Pesantren Matematika diadakan tanggal 26-28 Desember 2017 oleh Klinik Pendidikan MIPA. Kesan mendalam dirasakan para santriyang hadir. Setidaknya sebelum dijemput orangtua masing-masing, para peserta menikmati ragam permainan matematika dan IPA yang memiliki unsur kreativitas dan edukatif bersama tim Read1 Learning Development Center (RLDC) Indonesia.

Tim yang digawangi Dwi Samto selaku instruktur utama ini berkesempatan menjadi narasumber tamu dalam mengisi kegiatan permainan edukasi dan motivasi, di antaranya dinamika kelompok, Fun Math & Science, dan penguatan pendidikan karakter berbasis pesantren.

Lembaga yang diprakarsai Raden Ridwan Hasan Saputra ini pun memperkenalkan eksperimen sains dengan tema 'Oil Vs Water', sedangkan untuk bidang eksplorasi matematika menyajikan permainan hoppers, tic tac toe, dan logic. Untuk permainan interaktif, panitia telah menyediakan stingky stick, take the ball, labirin, wheel math, transfer ball, bottle race, magic rope, the toxic, transfer hula hup, and blok buster.

Dwi menilai, kolaborasi yang baik antara program Pesantren Matematika dengan Fun Math & Science dalam penguatan pendidikan karakter, disinyalir akan lebih efektif daripada lewat cara konvensional (ceramah). Di sinilah  terdapat unsur olah jiwa dan olah gerak. Artinya, anak-anak akan lebih senang dan lebih bersemangat ketika dihadapkan dengan tema penguatan pendidikan karakter lewat permainan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA