Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Whatsapp Resmi Meluncurkan Aplikasi Bisnisnya

Jumat 19 January 2018 08:28 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri

Whatsapp bisa digunakan untuk bisnis.

Whatsapp bisa digunakan untuk bisnis.

Foto: Techcrunch
Aplikasi baru ini merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk memperluas pendapatan dengan membebankan perusahaan yang lebih besar untuk membeli alat tambahan guna berkomunikasi dengan pengguna platform yang digunakan oleh lebih dari satu miliar orang ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Whatsapp telah resmi meluncurkan aplikasi Whatsapp Business yang baru di beberapa negara. Negara yang terpilih yaitu, Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan A.S sebelum nantinya diluncurkan di seluruh dunia.

Penambahan profil bisnis dan alat pesan yang baru ini ditujukan bagi pelanggan bisnis Whatsa pp. Aplikasi baru ini merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk memperluas pendapatan dengan membebankan perusahaan yang lebih besar untuk membeli alat tambahan guna berkomunikasi dengan pengguna platform yang digunakan oleh lebih dari satu miliar orang ini.

 

Dengan menargetkan bagi pengusaha kecil, aplikasi gratis untuk android ini membantu perusahaan terhubung dengan lebih baik dengan pelanggan mereka dan membangun sebuah akun resmi dalam layanan Whatsapp. Intinya ini adalah versi Facebook Page di Whatsapp.

 

Perusahaan ini sebelumnya memang telah mengumumkan akan adanya aplikasi ini dan mulai memverifikasi akun bisnis sebagai bagian dari program percontohan Whatsapp Business pada bulan September 2017. Akun yang sudah terverifikasi akan diberi tanda centang hijau sebagai alat untuk menunjukkan keasliannya.

 

Dilansir dari TechCrunch, aplikasi Bisnis ini dapat digunakan oleh perusahaan kecil dengan menyiapkan profil mereka. Perusahaan cukup mengisi data informasi seperti deskripsi bisnis, email, alamat serta situs web.

 

Whatsapp sendiri mengatakan bahwa orang akan tahu jika mereka sedang menghubungi sebuah akun bisnis karena nantinya akun tersebut akan terdaftar sebagai 'Akun Bisnis'. Nantinya beberapa di antara akun tersebut akan berubah daftarnya menjadi 'Akun Terverifikasi' setelah perusahaan memverifikasi nomor telepon akun yang terdaftar sesuai dengan nomor telepon bisnis.

 

Setelah masuk dalam jaringan Whatsapp, akun yang ada dapat menggunakan serangkaian alat yang telah disediakan oleh aplikasi. Salah satunya yaitu pesan pintar yang menawarkan teknologi serupa yang didapatkan di Facebook Messenger.

 

Misalnya, aplikasi menawarkan 'balasan cepat' yang memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Kemudian ada 'pesan pembuka' yang isinya dapat mengenalkan bisnis anda kepada pelanggan, serta 'pesan sibuk' yang membuat pelanggan tahu jika anda sedang sibuk.

 

Perusahaan juga bisa mengakses data statistik pesan, seperti jumlah pesan yang dibaca. Selain itu mereka juga bisa menerima dan membalas pesan dari desktop melalui Web Whatsapp.

 

Bagi perusahaan perlu menggunakan aplikasi baru ini untuk berkomunikasi dengan pelanggan, namun bagi pengguna Whatsapp umum tidak akan terjadi perubahan. Pengguna dapat mengirim pesan kepada akun bisnis resmi juga dapat memblokir beberapa nomor dan akun bisnis serta melaporkan pesan spam. Selain itu, akun bisnis hanya bisa menghubungi orang-orang yang telah memberikan nomor telepon mereka dan setuju untuk menerima pesan dari akun tersebut.

 

Aplikasi Bisnis ini nantinya akan digabungkan oleh perusahaan dengan hal lainnya sesuai dengan keinginan mereka yang ingin menyasar bisnis yang lebih besar dan dengan basis pelanggan global, seperti perusahaan penerbangan, situs e-commerce, dan bank. Whatsapp sendiri masih belum mengumumkan hal tersebut untuk hari ini namun pada musim gugur tahun lalu perusahaan mengatakan akan mengenakan biaya tambahan untuk rencana tersebut. Agaknya rencana tersebut akan dibangun diatas produk Bisnis Whatsapp ini.

 

Perusahaan juga mengindikasikan betapa pentingnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis pada layanannya yang kini mencapai 1,3 miliar pengguna. Menurut data yng dikutip dari penelitian Morning Consult, lebih dari 80 persen usaha kecil di India dan Brazil mengatakan bahwa Whatsapp membantu mereka berkomunikasi dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis mereka.

 

Whatsapp sendiri menolak menjawab berapa banyak akun bisnis yang saat ini aktif di aplikasi tersebut. Saat diluncurkan, aplikasi ini tersedia sebagai unduhan gratis di Google Play. WhatsApp belum akan memastikan kapan aplikasi ini benar-benar bisa diluncurkan di seluruh dunia atau kapan versi iOSnya diluncurkan. Namun perusahaan mengatakan bahwa perusahaan memang berencana untuk mendukung aplikasi ini hadir di platform lain nantinya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA