Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Daftar Aplikasi Terbaik Sepanjang 2017

Selasa 02 Januari 2018 21:22 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri

Penggunaan teknologi Augmented Reality (ilustrasi)

Penggunaan teknologi Augmented Reality (ilustrasi)

Foto: http://static.dezeen.com

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dalam setahun, setidaknya ada ratusan atau bahkan ribuan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel pintar, baik yang berbasis iOS ataupun Android. Aplikasi-aplikasi ini terus berkembang mengikuti teknologi-teknologi terkini, seperti augmented reality ataupun kecerdasan buatan.

Para pengembang pun terus berinovasi dan menghadirkan pengalaman-pengalaman baru kepada para pengguna smartphone lewat aplikasi-aplikasi buatan mereka. Meski tidak semua aplikasi bisa mendapatkan respon positif dari para pengguna smartphone, tapi ada sejumlah aplikasi yang dianggap mampu membantu produktivitas ataupun memberikan pengalaman berbeda kepada penggunanya.

Laman Mashable, media online yang khusus mengupas perkembangan teknologi digital pun merangkum daftar aplikasi terbaik yang dirilis pada sepanjang 2017. Kriteria sebagai aplikasi terbaik ini pun tidak terpaku hanya pada jumlah pengguna yang telah mengunduh aplikasi tersebut, tapi juga fungsi dan pengalaman berbeda yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Berikut daftar aplikasi terbaik mulai dari aplikasi permainan hingga aplikasi untuk kamera:

1. Animal Cross: Pocket Champ (iOS)

Lewat aplikasi permainan ini, produsen pembuat video game, Nintendo, dianggap telah menjawab penantian panjang para pecinta game Animal Croos, yang telah dirilis sebelumnya. Aplikasi permainan ini membuktikan Nintendo masih bisa memberikan pengalaman menyenangkan lewat aplikasi permainan.

2. Astro (iOS dan Android)

Aplikasi ini merupakan aplikasi email yang bisa membantu penggunanya untuk mengatur email dan pesan masuk. Aplikasi ini memiliki fitur pengaturan yang ramah dengan pengguna. Namun, berbeda dengan aplikasi sejenis, aplikasi ini dapat mengetahui kebiasaan dari penggunanya dalam mengirim pesan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu penggunanya untuk tidak berlangganan newsletter yang tidak mereka inginkan, dan dianggap menggangu.

3. Balz (iOS dan Android)

Sebenarnya aplikasi permainan ini cukup sederhana. Pengguna hanya menggerakan bola untuk menghancurkan barisan kotak. Namun, untuk bisa menyelesaikan satu level di permainan, pengguna harus menggunakan strategi tertentu. Ini yang membuat permainan ini begitu digemari oleh para penggunanya. Para penggunanya pun begitu penasaran untuk bisa melewati setiap level dalam permainan ini. Maka tidak heran jika aplikasi ini mendapatkan rating 4,5 bintang di App Store dan Google Play.

4. Clips (iOS)

Aplikasi ini disebut gabungan antara iMovie dan Snapchat. Clips merupakan aplikasi video baru untuk Apple. Pada dasarnya, aplikasi ini membantu penggunanya membuat video pendek. Namun, berbagai teknologi terbaru diterapkan di aplikasi ini. Mulai dari efek Augmented Reality, filter warna yang bisa diubah-ubah, hingga captions yang bisa diisi beragam karakter. Tentu saja, aplikasi ini juga dilengkapi berbagai bentuk dan jenis emoticon.

5. Datally (Android)

Khawatir dengan seberapa banyak paket data yang telah Anda habiskan dan selalu menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk membeli paket data? Aplikasi ini membantu penggunanya untuk mengendalikan penggunaan mobile data. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi mengenai seberapa banyak paket data yang telah Anda habiskan dalam satu waktu. Tapi, aplikasi ini juga bisa mencegah sebuah aplikasi menghabiskan paket data, pada saat Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut.

6. IKEA Places (iOS)

Tahun 2017 bisa dikatakan tahunnya Augmented Reality (AR). Baik Apple, Google, Facebook, dan Snapchat seolah berlomba-lomba untuk bisa menerapkan teknologi tersebut di produk-produk mereka. Tapi, hingga saat ini, penerapan teknologi AR masih belum bisa memuaskan para pengguna smartphone. Karena itu, cukup mengejutkan penerapan teknologi AR paling mumpuni justru datang dari perusahaan furniture, Ikea. lewat aplikasi ini. Aplikasi ini membantu para penggunanya untuk bisa melihat apakah sebuah furniture cocok ditempatkan di bagian rumah mereka. Aplikasi ini benar-benar membantu penggunanya untuk memutuskan membeli model furniture yang cocok untuk rumah mereka.

Baca juga: Sembilan Tren Teknologi yang akan Ubah Dunia di Tahun 2018

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA