Minggu, 26 Zulqaidah 1435 / 21 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Cegah Kesemutan dan Nyeri Tangan dengan WorkRave

Selasa, 15 Maret 2011, 07:21 WIB
Komentar : 0
Work Rave
Work Rave

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Waspada bagi anda yang kerap lupa waktu kalau sedang bekerja di depan komputer. Pasalnya, anda kemungkinan besar terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Apa itu? CTS adalah gangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala akan lebih terasa pada malam hari, atau saat seseorang berada dalam ruang berpendingin udara.

Secara medis, gejala itu disebabkan adanya pembengkakan saraf yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani.

Gangguan ini kerap mendera individu yang sering menggunakan pergelangan tangan dalam jangka waktu lama, seperti; memegang mouse komputer. Biasanya gejalanya meliputi  rasa lemah dan kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan,  Jari tangan mati rasa atau kesemutan terutama pada ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Bila mulai parah, Penderita kadang sering terbangun di malam hari karena tangan terasa nyeri dan sering disertai kesemutan.

Tapi jangan khawatir, karena ada yang bisa membantu anda yang "gila kerja" terhindar dari CTS. Ini bukan obat atau tindakan medis, melaikan software komputer. Aplikasi itu bernama WorkRave.

Ya, Workrave adalah aplikasi kecil (berukuran 15 KB) dalam piranti komputer yang berfungsi untuk mengingatkan anda agar sejenak beristirahat setelah beberapa lama menggunakan komputer. Disamping itu, dengan WorkRave juga membantu anda untuk memberitahu tentang pekerjaan yang hendak anda kerjakan. 

Seperti dikutip dari Workrave.org, Rabu (9/3), waktu istirahat aplikasi ini dibagi menjadi 3 bagian dimana semuanya bisa diatur sesuai dengan keinginan yaitu Micro-Break(pengingat untuk istirahat sebentar setiap selang beberapa waktu), Rest Break (pengingat untuk istirahat setelah kerja cukup lama), Daily Limit (pengingat untuk batasan kerja maksimum per hari).

Selain pengingat waktu, aplikasi ini juga memberikan tips untuk penggunanya agar mata dan tangan tidak terlalu lelah setelah bekerja sekian lama di depan komputer. Ada juga fitur statistik yang akan menginformasikan berapa banyak kita istirahat dalam sehari.

Boleh dibilang aplikasi ini sangat efektif meski fungsinya sebenarnya tak ubahnya aplikasi pengingat shalat. Yang terpenting, aplikasi ini sangat representatif untuk dijadikan "sekretaris pribadi". Minimal, anda tak perlu ditelepon atau di-sms kekasih atau istri dengan omelan yang mengingatkan anda agar jangan berlama-lama di depan komputer.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Tetangga adalah orang yang paling berhak membeli rumah tetangganya.((HR. Bukhari dan Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...