Thursday, 23 Zulqaidah 1435 / 18 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Waduh, Gambar Tiger Wood Diganti Bendera Kuning di Lubang Golf

Friday, 07 January 2011, 19:16 WIB
Komentar : 0
Sampul games PGA Tour 12
Sampul games PGA Tour 12

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penjualan game "Tiger Woods PGA Tour" mengalami penurunan hingga 60 persen di seluruh dunia sejak skandal seks pegolf itu mencuat. Kini gambar Woods di sampul videogame digantikan dengan gambar bendera pada lubang golf.

Hal ini tentu membuat keterpurukan berlanjut untuk Tiger woods. Tahun 2010, Electronic Arts mencetak game permainan golf berpenjualan terbaik dari Woods bersama pegolf pemula asal Irlandia Utara Rory mcIlroy. Tahun ini Woods disingkirkan dari cover game "Tiger Woods PGA Tour 12: The Masters" di perangkat Xbox 360,Playstation 3 dan Wii.

Sosok Woods digantikan oleh sebuah gambar ikon bendera kuning pada klub golf Augusta National, yang merupakan fokus utama dari permaian itu. Woods akan tampil pada permainan Playstation 3 Collector Edition, dengan tambahan harga 10 dolar dan tersedia lima course tambahan.

EA Sports telah bekerja bersama Woods sejak tahun 1999 pada game berpenjualan terbaik, tetapi tahun lalu, penjualan dari game itu merosot di AS maupun di seluruh dunia secara dramatis.

Menurut analis video game dari DFC Intellegence, David cole, penjualan game "Tiger Woods PGA Tour 11" mengalami penurunan 50 hingga 60 persen di seluruh dunia dibandingkan tahun 2009.

EA bertahan dengan Woods di sampulnya tapi tak menggunakan Woods untuk mempromosikan game itu tahun lalu. Secara tradisional,Woods melakukan wawancara media dan muncul untuk meluncurkan gamenya.

"Persoalannya, seluruh bisnis golf terkait kepada Tiger," ujar Cole."Penonton TV juga menurun sebanyak 30 persen. Jika Woods menang, penonton akan meningkat. Karena keseluruhan olah raga golf terikat dengan Tiger, saya tak melihat EA melepaskan diri dalam waktu dekat tapi hal-hal yang terkait Woods mungkin tak sekuat dulu."

"Masalah penjualan video game Tiger Wood lebih luas dan lebih dalam ketimbang masalah personal dia.Masih banyak yang bisa dilakukan dalam keseluruhan perjuangan olah raga Golf di tahun 2010," tutur Jesse Divnich, wakil presiden dari Electronic Entertainment Design dan Research.

"Tentu saja, orang bisa berpendapat bahwa berkurangnya minat pada golf ada kaitannya denga ketidakhadiran Woods dan kembalinya dia dengan penampilan yang buruk. Andaikata hal itu benar, artinya PGA tour punya ketergantungan berlebihan terhadap seseorang dan kini menghadapi konsekuensinya."

Presiden EA Peter Moore punya pendapat lain. "Tiger masih tampil di versi PS3 yang mana sangat bagus untuk kami dan Sony pada tahun lalu. Kami akan melanjutkan hal itu."

"Tentu saja, tahun lalu merupakan yang tersulit, tetapi anda melihat Tiger memulai kembali prestasinya," ujar Moore.

"Kami semua, baik industri olah raga dan penggemar oleh raga, sangat berharap ia datang dengan semangat penuh di tahun 2011."

Tiger tetap menjadi karakter yang bisa dimainkan dalam game baru itu, beserta 20 pegolf professional lainnya seperti juara Master Zach johnson dan Bubba Watson,seorang anggota tim AS dari piala Ryder 2010 - team USA.

Electronic Arts telah menghabiskan setahun untuk memfokuskan diri melahirkan The Master pada waralaba gamenya.

Studio game itu menggunakan teknologi pemindaian laser terbaru untuk memindai setiap lubang, semak dan pepohonan dari klub Golf Augusta National.

"Saya sangat senang dan tertarik, Turnamen master ditampilkan dalam game Tiger Woods PGA Tour," ujar Woods.

"Ada banyak banyak elemen baru dan unik dalam permainan itu yang akan membuat setiap orang merasa seperti mereka sedang sungguh-sungguh bertanding pada Augusta National."

Jika the Masters tak bisa memberikan Woods peningkatan angka penjualan, Elektronic Arts mungkin akan mengakhiri diri sebagai sponsor, seperti yang sudah dilakukan Gillette, AT&T, Accenture, dan Gatorade.

Redaktur : taufik rachman
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Atasi Masalah Grafiti, ini Cara Kreatif Washington DC
WASHINGTON --  Kota besar seperti ibukota Amerika Serikat, Washington DC, juga menghadapi masalah graffiti karena semakin banyaknya dinding gedung dan tempat umum yang...