Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mudah Beribadah dengan Aplikasi Islami

Jumat, 22 Oktober 2010, 21:31 WIB
Komentar : 0
ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Petunjuk beribadah kini banyak hadir dalam berbagai format digital. Hal ini memberi kemudahan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah. Materi digital tentang petunjuk ibadah dan berbagai sarana yang mendukungnya mulai banyak terpasang di gadget yang mudah dinikmati.

Nokia, lewat Ovi store, menjadi salah satu pelopor penyedia aplikasi Islami untuk masyarakat. Aplikasi Islami yang disediakan Nokia di Ovi Store bisa diunduh secara gratis. Cukup mengunjungi http://store.ovi.com/, pengguna ponsel Nokia bisa mendapatkan aplikasi Islami yang diperlukan.

Saat ini, aplikasi Islami yang tersedia di Ovi Store ada enam jenis, yaitu:

-Quran
Aplikasi ini menyediakan Alquran praktis untuk ponsel dengan bahasa Arab. Alquran digital ini dilengkapi dengan mesin pencari kata, pembatas halaman untuk ayat atau surat, serta qiroah Alquran dibacakan oleh qori terkemuka seperti Alhudhaifi.

-Mudzakkir
Menu ini menyediakan cara pencarian, terjemahan, beri batas halaman, dan koleksi-koleksi dzikir harian dengan pilihan narator favorit. Lewat aplikasi ini, masyarakat juga bisa mengirim dzikir/adzkar melalui SMS dan MMS ke keluarga atau teman.

-Mecca and Medina
Aplikasi ini berisi panduan perjalanan haji dan umrah dengan konten multimedia, beserta info aneka tempat terkenal yang bisa dikunjungi selama perjalanan ibadah.

-Hadis
Masyarakat yang perlu mendalami hadis-hadis Rasulullah SAW, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Di sini tersedia cara praktis membaca hadis kapan saja dan di mana saja, termasuk Hadis Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Riyadus Salihin, Hadis Suci dan Arba’in An Nawawi. Tak hanya bisa menyimpan, aplikasi hadis juga bisa digunakan untuk membagikan hadis-hadis favorit melalui SMS.

-Boyoot Allah
Aplikasi ini bermanfaat untuk menemukan masjid terdekat selama perjalanan. Di mana pun berada, aplikasi ini memberikan posisi tempat ibadah terdekat dengan mudah. Di sini terdapat berbagai pilihan suara pemandu yang pas untuk para pengguna.

-Arabica
Ini adalah saran yang memberikan pelajaran membaca dan memahami Al quran, Hadis, dan doa dalam Bahasa Arab melalui ponsel. Dilengkapi huruf Arab, bahasa bunyi (transliterasi), arti kata, dan cara pengucapan, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mendengarkan rekaman suara user sendiri dan membandingkannya dengan  pembicara native untuk mengetes kemampuan bahasa Arab para pengguna.

Gadget apakah yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati semua aplikasi tersebut? Saat ini terdapat 21 versi ponsel Nokia yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati berbagai aplikasi Islami tersebut. Selain bisa dipasang di Nokia X6, aplikasi tersebut juga bisa dinikmati dengan Nokia N97 Mini, Nokia N97, Nokia 5800XM, Nokia 5230 XM, Nokia 5233, juga Nokia C3. Varian lain yang juga bisa digunakan untuk mengoperasikan aplikasi Islam tersebut adalah Nokia 2710, Nokia 2700, Nokia 5130 XM, Nokia X2, Nokia 2730, Nokia 6303i, Nokia X5, serta Nokia E63. Enam lagi varian ponsel Nokia untuk menjalankan aplikasi Islam adalah Nokia 3110, Nokia 2690, Nokia 5030, Nokia 7230, Nokia 2220, serta Nokia 3710.

Khusus untuk aplikasi Hadis dan Boyoot Allah, pengguna bisa langsung membuat hotlink,  dengan mengunjungi  http://store.ovi.com/content/50894 untuk aplikasi hadis, dan http://store.ovi.com/content/50883  untuk aplikasi Boyoot Allah.  Tidak sulit cara yang harus ditempuh untuk bisa mengunduh aplikasi-aplikasi Islam tersebut. Cukup mengunjungi  http://store.ovi.com/ , kemudian pengguna memilih jenis ponsel Nokia yang digunakan, Lalu memasukan nama aplikasi Islami yang diinginkan pada kolom cari/search, lalu mengunduhnya.
 
Pada isi aplikasi Hadis dan aplikasi Mudzakkir, misalnya pengguna bisa memilik hadis atau bacaan dzikir favorit, kemudian membagikannya kepada keluarga dan teman melalui SMS. Pengguna yang tidak punya ponsel Nokia bisa membagikan info tentang masing-masing aplikasi Islami ini melalui SMS kepada keluarga dan teman yang mempunyai ponsel Nokia untuk langsung didownload dari ponsel. Perlu dicatat, berbagi cara untuk menyempurnakan ibadah, Insya Allah dapat mendatangkan pahala. (adv)

Redaktur : irf
Sumber : Nokia Indonesia
Anas Ra, pembantu rumah tangga Nabi Saw berkata, “ Aku membantu rumah tangga Nabi Saw sepuluh tahun lamanya, dan belum pernah Beliau mengeluh “Ah” terhadapku dan belum pernah Beliau menegur “kenapa kamu lakukan ini atau kenapa tidak kau lakukan ini.((HR. Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Sekilas Cerita Tugas Seorang Ketua MPR RI
 JAKARTA -- Dalam pembukaan Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan sempat sedikit bercerita tugas ketua MPR...