Rabu , 21 July 2010, 01:35 WIB

Firefox Resmi Disematkan di iPhone dan iPod Touch

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Firefox mobile dalam iPhone
Firefox mobile dalam iPhone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Impian Mozilla memasuki Apple terwujud sudah. Pembesut browser utama dunia tersebut memperkenalkan aplikasi Firefox khusus piranti mobile milik Apple seperti iPhone dan iPod Touch. Mesin peselancar itu bahkan telah tersedia secara gratis di App Store.

Tak berbeda jauh dengan Firefox versi web, pada versi Apple, Firefox memanjakan pengguna ponsel dengan rangkaian kemudahan seperti fitur favorite webs dan awesome bar. Khusus awesome bar, pengguna Firefox dapat dengan mudah menemukan situs yang pernah dikunjungi dengan menuliskan kata kunci.

Sayangnya, tidak seperti Opera Mini yang didesain khusus untuk Apple, Firefox memang butuh banyak penyempurnaan. Misalnya saja, bagi pengguna opera mereka dapat mudah berpindah situs atau membuat bookmark (penanda) pada situs yang pernah dikunjungi, sedangkan Firefox belum.

Paling tidak, mesin browsing berlambang rubah oranye itu sudah menancapkan kuku pertama  kendati banyak pekerjaan rumah yang harus digarap ulang. "Firefox banyak digunakan oleh pengguna dari berbagai belahan dunia untuk mendapatkan pengalaman unik dalam berselancar di dunia maya," tulis Senior Executive Mozzila, Jay Sullivan dalam blognya seperti dikutip Telegraph, awal pekan ini.

Ia menambahkan dunia terus berkembang, masyarakat tidak lagi mengandalkan satu medium saja untuk berselancar. Karena itu, pihaknya terus mengembangkan Firefox khusus ponsel untuk memberikan layanan prima secara personal, portabel, sederhana dan tak ketinggalan memberi perlindungan privasi