Rabu 23 Jun 2010 02:36 WIB

Ini Dia, Aplikasi Favorit Piala Dunia 2010

Ini Dia, Aplikasi Favorit Piala Dunia 2010

Rep: CR2/berbagai sumber/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Trivian World Cup
Foto: CATAMOUNT.COM
Trivian World Cup

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Euforia Piala Dunia Afrika Selatan 2010 tidak hanya sebatas maraknya penjualan pernak-pernik sepak bola. Lebih dari itu, demam p

Bisa dipastikan keberadaan aplikasi bertema sepakbola bakal laris manis diserbu penggila bola--terutama dari kalangan geek, yang ingin merayakan piala dunia dengan cara berbeda. Bila ditelisik, anda akan menemukan banyak aplikasi di dunia maya, baik gratisan maupun berbayar. Kali ini Republika.co.id, sedikit mengulas tiga aplikasi terkait piala dunia paling populer saat ini yang bisa dimainkan di ponsel.

Coba tengok aplikasi Soccer Pet. Aplikasi ini memungkinkan pengguna 'mengutak-atik' pemain pujaan. Bila anda penggemar berat Steven Gerrard misal, dan kapten timnas Inggris ini tengah mendapat sorotan lantaran gagal memperbaiki mental bermain teman-temannya. Nah, aplikasi ini memungkinkan penggemar untuk memperbaiki penampilan sang pujaan.

Perbaikan pun bukan cuma lewat pemberian latihan personal dan latih tanding, gaya busana sang pujaan bisa anda tentukan. Tak hanya itu, anda bisa berpartisipasi dalam prediksi dan skor pertandingan sepakbola diberbagai belahan dunia.

Aplikasi ini tersedia dalam berbagai versi, antara lain AS, Portugal, Brazil, Kamerun, Jerman, Perancis dan Inggris. Nantinya, aplikasi bakal memuat lebih banyak negara-negara dengan perkembangan sepakbola terbaik. Jadi, jangan harap menemukan Indonesia dalam Soccer Pet.

Aplikasi ini hanya bisa dimainkan pada ponsel berkategori smartphone macam Apel dan Nokia S60. Aplikasi juga sudah beredar di Ovi Store dengan banderol £1.00 atau setara dengan Rp.13.564.

Bagi anda yang mengklaim tahu seluk beluk sepakbola coba aplikasi Trivian World Cup. Aplikasi ini bukan sembarang aplikasi yang memberikan pertanyaan konvensional belaka. Trivian cup akan memberikan pertanyaan kejutan yang bakal membuat anda harus menguasai informasi baik di dalam ataupun luar lapangan sepakbola. Trivian juga akan memberikan tes kepada anda tentang semangat, kegilaan dan fanatisme anda terhadap sepakbola.

Cara bermainnya cukup mudah, Trivian menyediakan 15 pertanyaan. Setiap pertanyaan yang dijawab dengan benar maka anda akan mendapatkan poin.

Setiap pertanyaan ini berlatar belakang berbagai negara dengan kultur sepakbola yang kuat. Lagi-lagi, jangan harap Indonesia bisa masuk dalam jajaran pertanyaan Trivian World Cup.

Mungkin anda penasaran, seperti apa pertanyaan yang bakal diberikan Trivian World Cup. Berikut contohnya,  "Pemenang piala dunia 1994 ditentukan lewat adu pinalti di stadion Rose Bowl, AS. Berapa jarak titik pinalti dari penjaga gawang ? Apakah 9 meter, 11 meter, 16 meter atau 22 meter?.

Trivia World Cup telah tersedia pula di Ovi Store dengan banderol £1.00. Selain di iPhone, Trivian juga bisa dimainkan pada setiap jenis ponsel menengah ataupun high end.

Aplikasi terakhir yang patut anda coba adalah Foo Cup. Aplikasi ini mungkin diminat para penggila tebak-tebakan skor pertandingan. Khusus Piala Dunia Afrika Selatan, FOO Cup telah mempersiapkan tebak-tebakan skor untuk 64 pertandingan.

Peraturan permainan ini sangat mudah. Pemain hanya perlu menebak skor tiap-tiap pertandingan, sebelum suatu pertandingan sebenarnya berlangsung. Batas waktu tebak skor akan ditutup lima menit sebelum game dimulai. Skor bakal dikalkulasi dengan poin sebagai berikut:

Hasil 2:1  - Tebakan 1:2  =     0 poin (kalah)

Hasil 2:1  - Tebakan 5:1  =   73 poin (menang)

Hasil 1:1  - Tebakan 0:0  =   73 poin (seri)

Hasil 2:1  - Tebakan 1:0  = 103 poin (menang selisih angka)

Hasil 2:1  - Tebakan 2:1  = 151 poin (menang mutlak) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement