Rabu 20 Jul 2011 18:59 WIB

Sembilan Tahun Meraih Merek Terbaik

BBA 2011: Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) menerima penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2011 dari Direktur Sales & Marketing Metro TV Lestari Luhur (kiri) dan Wakil Pemimpin Umum Majalah SWA Zetta Saraswati di Jakarta (19/7).
BBA 2011: Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) menerima penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2011 dari Direktur Sales & Marketing Metro TV Lestari Luhur (kiri) dan Wakil Pemimpin Umum Majalah SWA Zetta Saraswati di Jakarta (19/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Telkomsel kembali mendapat pengakuan dari ajang bergengsi Indonesia Best Brand Award (IBBA). Produk simPATI dari Telkomsel meraih predikat merek terbaik untuk kategori SIM card GSM selama 9 tahun berturut-turut.

Penghargaan IBBA yang diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan lembaga riset pemasaran MARS merupakan bentuk apresiasi terhadap merek-merek dengan kinerja terbaik, di mana pada tahun ini ada 109 kategori produk dari 12 industri yang disurvei. Survei dilakukan pada Maret hingga Mei 2011 yang melibatkan 2.643 responden rumah tangga dan 2.614 responden personal di 7 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin) dengan menggunakan multistage random sampling untuk menghasilkan data yang lebih akurat.

Penghargaan IBBA diukur berdasarkan 6 variabel, yaitu: popularitas merek, popularitas iklan, tingkat kualitas merek, tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan, pangsa pasar, serta potensi pertumbuhan merek di masa mendatang. Penghargaan yang telah memasuki tahun yang ke-10 ini memiliki kompetensi tersendiri yang mampu menjadi barometer kinerja merek-merek di Indonesia. Pemenang dari tiap kategori dinilai telah berhasil membangun merek yang berujung pada kepercayaan konsumen.

Dalam survey IBBA 2011 ini, Telkomsel meraih nilai terbaik untuk kategori produk operator selular GSM, di mana simPATI mendapatkan nilai merek 61,8, jauh di atas indeks rata-rata produk yang ada di industri telekomunikasi yang hanya bernilai 47,3.

Seusai menerima penghargaan pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta, Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, “Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang kembali memilih Telkomsel melalui produk simPATI sebagai merek terbaik selama 9 tahun berturut-turut. Penghargaan ini merupakan salah satu bukti tingginya pemanfaatan produk dan layanan Telkomsel yang mendukung kebutuhan mobile lifestyle sehari-hari.”

Pasar industri telekomunikasi yang sangat kompetitif dengan belasan merek sejenis merupakan tantangan bagi Telkomsel untuk terus berinovasi dalam menghadirkan kemanfaatan kompetitif terhadap produknya. Sebagai operator selular penyedia solusi layanan mobile lifestyle terbaik dan terdepan yang kini dipercaya melayani lebih dari 102 juta pelanggan, Telkomsel terus berupaya menjaga kualitas layanan sehingga ke depannya tetap menjadi produk pilihan utama masyarakat Indonesia.

Di samping IBBA, pada tahun 2011 ini Telkomsel juga memperoleh pengakuan sebagai yang terbaik untuk kategori merek di ajang Top Brand Award, Indonesia Brand Champion Award, dan Word of Mouth Marketing Award, serta meraih predikat sebagai Indonesia's Most Favorite Youth Brand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement