Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Program MDGs Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Thursday, 21 April 2011, 18:32 WIB
Komentar : 1
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi, usaipenandatanganan kerjasama . Telkomsel merangkul IWAPI untuk menggelar Program MDGs yang terintegrasi berbasis ICT dan juga program kesetaraan gender melalui kegiatan pendidika
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi, usaipenandatanganan kerjasama . Telkomsel merangkul IWAPI untuk menggelar Program MDGs yang terintegrasi berbasis ICT dan juga program kesetaraan gender melalui kegiatan pendidika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Memperingati hari bumi sedunia dan menuju pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) Indonesia 2015, Telkomsel menggelar program MDGs yang terintegrasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Targetnya, meningkatkan kesehatan masyarakat, mengurangi tingkat kemiskinan, dan melestarikan lingkungan hidup melalui pemberdayaan masyarakat.

Indonesia sebagai bagian dari 189 negara telah menyepakati Deklarasi Milenium berisikan sasaran pembangunan milenium (MDGs). Pemerintah menetapkan delapan program MDGs sebagai target pencapaian kesejahteraan bangsa hingga tahun 2015 sejak deklarasi tersebut disepakati tahun 2000 lalu.

Telkomsel sebagai bagian dari elemen negeri ini mendukung dan mengimplementasikan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2010 tentang program pembangunan yang berkeadilan, termasuk pencapaian tujuan program MDGs.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno menyatakan, "Sebagai perusahaan yang mengedepankan kemajuan bangsa, Telkomsel berharap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program MDGs yang akan diimplementasikan hingga tingkat kelurahan dengan berbasis ICT."

Sebagai bentuk dukungan tersebut, Telkomsel akan melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) MDGs mencakup peningkatan akses air bersih dan sanitasi  berkonsep ramah lingkungan dengan menggunakan energi alternatif solar cell sebagai pembangkit listrik (Pilar MDGs 1), pendidikan kesetaraan gender dan kewirausahaan bagi perempuan agar perempuan di pedesaan lebih maju dan menjadi motor penggerak ekonomi keluarga (Pilar MDGs 3), peningkatan kesehatan ibu dan peningkatan kualitas gizi anak dengan konsep rivitalisasi Posyandu (Pilar MDGs 5), serta kelestarian lingkungan hidup terintegrasi dengan

konsep tata kelola sampah menjadi alternatif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat (Pilar MDGs 7). Pelaksanaan empat Pilar MDGs tersebut akan dilakukan secara terintegrasi dalam satu titik wilayah program tingkat kelurahan yang akan dilakukan di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi pada kuartal 3 tahun 2011 dalam program CSR Telkomsel 2011-2012.

Program MDGs terintegrasi tentunya akan dikemas dengan memanfaatkan core business Telkomsel yang berbasis ICT melalui program Semangat Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Tangguh (SPIRIT). Sebagai langkah awal, Telkomsel merangkul Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) sebagai motor program kesetaraan gender melalui kegiatan pendidikan dan kewirausahaan bagi para ibu dan wanita muda. Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan Ketua Umum IWAPI Ir. Nita Yudi, MBA diselenggarakan di Wisma Mulia, Jakarta, hari ini (21/4).

Mengoptimalkan kemampuan IWAPI di bidang usaha, para wanita di tiap lokasi pelaksanaan akan dibekali pengetahuan dasar wirausaha melalui kader IWAPI di Indonesia. Di sisi lain, untuk mempermudah komunikasi dua arah dalam pelaksanaan program dengan masyarakat, Telkomsel akan mempersiapkan sekretariat SPIRIT MDGs di setiap lokasi kegiatan program beserta perangkat software database untuk komunitas masyarakat tersebut.

 

Upaya ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendidikan ICT kepada masyarakat. Ke depannya Telkomsel akan membangun website portal MDGs Telkomsel, sehingga setiap lokasi pelaksanaan yang berada di suatu kelurahan di empat area Telkomsel di Indonesia dapat terhubung melalui website yang berbasis aplikasi WAP untuk ponsel.

Sebelum penandatangan MoU, terlebih dahulu digelar diskusi panel dengan tema "Upaya Meningkatkan Lingkungan Sehat & Mandiri Melalui Program MDGs Terintegrasi Berbasis ICT". Hadir sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Nila Moeloek, sebagai utusan khusus Presiden RI untuk Program MDGs, Ketua Umum Asosiasi Profesi CSR dan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah, Staf Khusus Presiden Bidang Lingkungan Agus Purnomo, Wakil Ketua MPRRI Melani Leimena Suharli, Ketua Umum IWAPI Ir. Nita Yudi, MBA, dan Deputy VP Corporate Secretary Telkomsel Aulia E. Marinto.

Program MDGs SPIRIT Telkomsel ini merupakan bagian dari bentuk pertanggung jawaban sosial Telkomsel kepada masyarakat Indonesia. Kegiatan berkelanjutan CSR Telkomsel ini menerapkan empat pilar program MDGs ke dalam satu kegiatan. Dengan pola terintegrasi itu, dukungan Telkomsel tersebut diharapkan dapat membantu percepatan pencapaian MDGs 2015 Indonesia. Telkomsel berkomitmen untuk membangun dan memajukan Indonesia, karena Telkomsel hadir untuk Indonesia. Telkomsel Paling Indonesia.


 
 

Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...