Jumat , 05 November 2010, 05:42 WIB

SMS Donasi *811# untuk Korban Mentawai dan Merapi

Red: taufik rachman

Untuk membantu masyarakat dan kalangan petugas yang tengah melakukan aksi tanggap darurat di lokasi bencana, Telkomsel membuka posko tanggap darurat baik di Mentawai maupun Merapi.


Melalui Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA), Telkomsel membuka posko pelayanan di sekitar lokasi bencana dan titik pengungsian. ''Telkomsel menghadirkan layanan telepon umum gratis dan posko tanggap darurat yang menyediakan obat-obatan dan makanan,'' kata GM Corporate Corporation Telkomsel, Ricardo Indra.

Telkomsel juga memfasilitasi pelanggan yang ingin menyampaikan donasi kepada para korban bencana alam di Mentawai dan Merapi melalui akses *811# atau SMS donasi, cukup ketik DONASI lalu kirim ke nomor 5000.

Upaya Telkomsel meringankan beban korban bencana, mendapat respon mitra-mitranya. Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno secara spontan menerima bantuan 1.000 unit ponsel Nexian. ''Ponsel ini akan diserahkan untuk mendukung program tanggap darurat di Mentawai dan Merapi,'' kata Sarwoto di Jakarta, Selasa (27/10).

Ihwal layanan Telkomsel sendiri, Indra menyatakan bahwa sekalipun terjadi Gempa bumi dan tsunami di Pulau Mentawai, jaringan Telkomsel di wilayah itu berjalan dengan baik. Hal yang sama terjadi pada jaringan Telkomsel di sekitar Gunung Merapi.

''Semua berjalan dengan baik. Bahkan di Mantawai kami tetap bisa memberikan layanan, sekalipun terjadi kenaikan trafik hingga 80 persen,'' kata Ricardo Indra. Akibat bencana, dua BTS Telkomsel--di Siberut Utara dan Tua Pejat--, sempat mengalami gangguan, karena kehabisan bahan bakar.

Namun gangguan bisa diatasi setelah dilakukan mobilisasi bahan bakar ke dua lokasi BTS itu. Di Pulau Mentawai, Telkomsel merupakan satu-satunya operator seluler yang melayani wilayah ini. Terdapat lima BTS di pulau ini.

Sementara itu, di sekitar wilayah letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, kata Ricardo Indra,  terdapat 30 BTS Tekomsel yang berada dalam radius 20 kilometer dari Merapi. ''Saat Merapi meletus, tidak ada BTS yang mengalami gangguan dan tetap berjalan normal, serta coverage layanan tetap berfungsi dengan baik,'' katanya. Untuk menjaga performansi jaringan, Telkomsel secara terus menerus memantau perkembangan performansi jaringan.