Rabu 19 Dec 2018 01:18 WIB

Jelang Tahun Baru, Telkomsel Perkuat Jaringan

Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan.

Telkomsel
Foto: .
Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru 2019, secara nasional Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya.

"Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima agar pelanggan selalu nyaman berkomunikasi menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun," Executive Vice President  Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz di Makassar, Selasa (18/12).

Selain itu, secara rutin terjadwal pihaknya melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian, hingga telah dilakukan  optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun dijamin kelancarannya. 

Sementara pada puncak periode Natal dan Tahun Baru nanti, lanjutnya, baik secara nasional maupun area Pamasuka trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen.

Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain games.

Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 0,5 persen pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 1,4 persen dibandingkan hari biasa.

Dari sisi pelayanan pelanggan, kata dia, Telkomsel telah menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel. 

Selain itu, sebanyak 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi. Telkomsel juga membangun 776 Base Transceiver Station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Optimalisasi jaringan juga dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mal dan pusat perbelanjaan.

"Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi," tambahnya saat berbincang dengan wartawan di gedung Miring Telkomsel Makassar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement