Selasa 17 Apr 2018 14:18 WIB

Telkom Group Dukung Transformasi Perbankan Berbasis Digital

Kebijakan perbankan di era digital diharapkan bantu meminimalisasi risiko keuangan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (ketiga dari kiri) didampingi EVP Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri) dan Dirut telkomsigma Judi Achmadi (paling kanan) saat berbincang-bincang dengan Dirut Bank BPD DIY Bambang Setiawan (paling kiri), Staf Ahli Direksi Bagian Syariah & Manajemen Resiko LPPI Edy Setiady (keempat dari kiri), Senior Executive Analyst for Deputy Commisioner of Banking Supervisor IV OJK Roberto Akyuwen, Dirut Bank Sumut Edie Rizliyanto di sela-sela event bertajuk Transformasi Perbankan Berbasis Digital di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (12/4).
Foto: TelkomGroup
Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (ketiga dari kiri) didampingi EVP Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri) dan Dirut telkomsigma Judi Achmadi (paling kanan) saat berbincang-bincang dengan Dirut Bank BPD DIY Bambang Setiawan (paling kiri), Staf Ahli Direksi Bagian Syariah & Manajemen Resiko LPPI Edy Setiady (keempat dari kiri), Senior Executive Analyst for Deputy Commisioner of Banking Supervisor IV OJK Roberto Akyuwen, Dirut Bank Sumut Edie Rizliyanto di sela-sela event bertajuk Transformasi Perbankan Berbasis Digital di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (12/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari komitmen Telkom untuk turut memajukan Bank Pembangunan Daerah (BPD), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan event bertajuk "Transformasi Perbankan Berbasis Digital" di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta, Kamis (12/4) lalu. Melalui kegiatan ini, Telkom mengajak BPD se-Indonesia untuk mencermati perkembangan teknologi perbankan yang dinamis dan memanfaatkannya untuk membantu perbankan.

Kebijakan tata kelola keuangan perusahaan, khususnya pada industri perbankan pada era digital, diharapkan akan membantu perbankan untuk meminimalisasi risiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan, dan meningkatkan daya saing perbankan dalam mempertahankan posisinya di pasar. Sejalan dengan hal tersebut, implementasi digital banking diharapkan dapat mengakselerasi penguatan fungsi dan peran BPD serta pengembangan potensi ekonomi daerah.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan dalam sambutannya mengatakan, dengan dukungan jaringan konektivitas terluas, infrastruktur IT terlengkap di Indonesia, Telkom Group berkomitmen untuk mendukung BPD menjadi Regional Champion. Bukan hanya melalui beragam solusi digital, melainkan juga tim khusus yang fully dedicated untuk memastikan implementasi proyek sesuai dengan timeline yang sudah direncanakan.

Menurut Dian, kebijakan tata kelola keuangan, perusahaan khususnya pada industri perbankan pada era digital, diharapkan akan membantu perbankan. Ini untuk meminimalisasi risiko keuangan, mempermudah pelaksanaan transparansi keuangan, dan meningkatkan daya saing perbankan dalam mempertahankan posisinya di pasar.

“Sejalan dengan hal tersebut, implementasi digital banking diharapkan dapat mengakselerasi penguatan fungsi dan peran BPD serta pengembangan potensi ekonomi daerah,” kata Dian.

Untuk membantu transformasi BPD berbasis digital, dukungan Telkom, di antaranya, adalah design operation dan architecture bagi sebuah digital bank, digital banking framework untuk BPD. Terakhir, roadmap yang bisa ditempuh BPD untuk menjadi digital sepenuhnya.

Sementara itu, transformasi digital dilakukan melalui pemanfaatan teknologi, baik dalam pembuatan layanan baru, peningkatan akses untuk nasabah, maupun pengelolaan risiko usaha. Dukungan Telkom Group diharapkan dapat meminimalisasi risiko dalam transformasi dan pengembangan digital banking untuk perbankan.

Sejauh ini kapabilitas Telkom Group dalam mendukung transformasi digital perbankan Indonesia mencakup area yang luas, di samping dukungan konektivitas, di antaranya, dengan implementasi e-money, laku pandai, cash management dengan konsep omnichannel, SOA based banking business integration, dan core banking yang sudah men-support digital banking.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan Teguh Supangkat sangat mengapresiasi langkah Telkom Group untuk mengajak BPD bertransformasi secara digital. Solusi dan layanan ICT Telkom Group diharapkan dapat mewujudkan kebutuhan industri perbankan berbasis digital.

Sebagai mitra teknologi pilihan perbankan, Telkom Group menyediakan solusi end-to-end terhadap perbankan, di antaranya, core banking system dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya, seperti ATM, delivery channel, dan internet banking. “Telkom Group akan senantiasa mendukung transformasi digital bagi BPD untuk berkembang dan memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan,” kata Dian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement