Sabtu 07 Apr 2018 16:24 WIB

Gempa di Perairan Sarmi, Telkom Siapkan Alternatif

Telkom prioritaskan penanganan layanan internet untuk menunjang UNBK.

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SARMI -- Sehubungan dengan terjadinya gempa di perairan Sarmi, Papua Jumat (6/4) petang lalu, mengakibatkan putusnya kabel laut milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sekitar pukul 21.00 WIT (6/4). Putusnya kabel laut yang merupakan bagian dari Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS), berakibat  layanan telekomunikasi Telkom Group di wilayah kota Jayapura dan sekitarnya mengalami penurunan kualitas, karena hanya dapat dilayani dengan Sistem Komunikasi Satelit. 

Namun demikian untuk recovery layanan, Telkom telah menyiapkan Sistem Radio IP antara Jayapura dan Sarmi  untuk melayani kebutuhan voice, SMS dan internet di kota Jayapura dan sekitarnya. Diharapkan dengan pengalihan sementara menggunakan teknologi Radio IP tersebut layanan telekomunikasi untuk masyarakat Jayapura dan sekitarnya, khususnya untuk mendukung penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dapat berlangsung tanpa kendala.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, Telkom memprioritaskan penanganan gangguan layanan internet di Jayapura dan sekitarnya demi menjamin terselenggaranya  layanan telpon dan internet, khususnya yang menunjang penyelenggaraan UNBK yang saat ini tengah berlangsung di Papua.

Telkom berharap pelaksanaan UNBK dari tanggal 9 sampai 12 April untuk SMA, dan tanggal 23 sampai dengan 26 April untuk SMP, dapat berlangsung  lancar sesuai jadwal.

"Atas nama Manajemen Telkom Group, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini,” ujar Arif Prabowo seperti dalam siaran persnya.

Ia juga menyampaikan, Telkom Group akan terus mengawal pemulihan layanan khususnya juga yang menunjang penyelenggaraan UNBK hingga selesai. Salah satunya dengan terus melakukan koordinasi bersama para pihak dari dinas pendidikan maupun sekolah pelaksana UNBK.

Telkom senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Yakni dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement