Kamis 22 Feb 2018 05:34 WIB

Telkom Siapkan Posko Antigangguan UNBK

Posko antisipasi gangguan sudah dilakukan selama dua tahun.

Pelaksanaan UNBK secara menumpang di SMAN 2 Kota Tasikmalaya, Senin (2/5).
Foto: Republika/Rizky Suryarandika
Pelaksanaan UNBK secara menumpang di SMAN 2 Kota Tasikmalaya, Senin (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BAUBAU -- Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) Kota Baubau Sulawesi Tenggara menyiapkan posko gangguan jaringan dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018. Kepala Kandatel Baubau Ide Jaenudin mengatakan selain menyiapkan posko dari sisi fisik, juga posko untuk sistem jalurnya sehingga apabila terjadi ganguan yang dapat menghambat pelaksanaan ujian dapat teratasi dengan langsung mencadangkan jaringan tersebut.

"Posko ini menjaga kelangsungan UNBK. Makanya, kami sebagai pengelola jaringan internet menyiapkan petugas memantau terus pelaksanaan link-link yang digunakan oleh sekolah itu, sehingga ketika ada hal yang menganggu server atau link-nya langusng diatasi," katanya, Rabu (21/2).

Dikatakannya, kesiapan posko antisipasi gangguan jaringan pelaksanaan UNBK itu sudah tahun kedua dilakukan sejak 2017 yang hanya 10 sekolah dan pada 2018 ditambah dua sekolah lagi baik SMA dan SMP. Ide juga mengatakan, sebelum pelaksanaan UNBK itu pihak sekolah telah melaksanakan uji coba sebagai uji coba dan berjalan dengan lancar.

Dia mengatakan kesiapan antisipasi gangguan jaringan dalam pelaksanaan UNBK itu pihaknya telah bekerjasama dengan Diknas Provinsi dan Diknas Kota Baubau. Karena tingkat SMA sudah ditangani provinsi.

"Kalau untuk Diknas provinsi sudah dari kantor wilayah Telkom Kendari, kami disini sebagai cabang langsung menjalankan tugas dari kantor wilayah saja," ujarnya.

Ia menambahkan gangguan jaringan yang rawan ada di layang-layang dan ranting pohon ketika musim hujan, karena sering ada ranting yang tumbang saat hujan mengguyur.

"Jalur kabel yang kami gunakan jalur kabel udara. Ada beberapa sekolah yang terdapat pohon-pohon dilintasi kabel-kabel tersebut," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement