Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Dua Layanan Wi-fi Telkom Sasar UMKM

Jumat 29 December 2017 17:45 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Telkom meluncurkan Wifi Corner.

Telkom meluncurkan Wifi Corner.

Foto: Telkom Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia(Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan dua layanan internet Wifi unggulan berbasis jaringan fiber optik, yakni Wifi Corner 2.0 (WiCo 2.0) dan Wifi Station, Kamis (28/12). Dua layanan ini tidak hanya menyasar masyarakat secara luas melainkan juga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM).

Pada era digital sekarang ini, setiap inisiatif usaha dipastikan memerlukan koneksi internet. Sehingga peluncuran dua layanan ini merupakan langkah meningkatkan penetrasi internet broadband diseluruh pelosok NKRI, khususnya untuk memberdayakan pelaku UMKM.

Peluncuran WiCo 2.0 dihadiri Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah RI yang diwakili oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI Agus Muharram, Deputi Bidang Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKMI Wayan Dipta, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi &UKM Abdul Kadir Damanik, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi &Usaha Kecil Menengah Emilia Suhaimi dan Direktur Enterprise & BusinessService Telkom Dian Rachmawan di SME Tower, SMESCO, Jakarta, Kamis (28/12).

Peluncuran WiCo 2.0 juga dihadiri oleh komunitas UMKM yang ke depannya diharapkan dapat menjadi mitra WiCo. Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menuturkan, WiCo 2.0 merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif Telkom dalam mengembangkan kewirausahaan Indonesia.

"Serta mencetak pejuang UMKM yang mandiri dan berkontribusi nyata bagi kemajuan perekonomian bangsa," katanya seperti dilansir di siaran persyang diterima Republika.co.id.

Menurutnya,WiCo 2.0 merupakan sejarah baru bagi pelaku UMKM di Indonesia karena membuka kesempatan untuk memasuki bisnis digital di era modern. Melalui WiCo 2.0, pemilik bisnis warnet konvensional dapat meremajakan kembali bisnisnya.

Sedangkan bagi kalangan rumah tangga pemilik usaha mikro,terbuka peluang untuk memasuki bisnis digital dengan sangat mudah. "Kita aplikasikan pola bagi hasil untuk pemilik usaha WiCo 2.0," tutur Dian.

Usai meluncurkan WiCo 2.0, Dian Rachmawan memperkenalkan layanan Wifi Station di Empirica Caf & Lounge SCBD, Jakarta. Acara peluncuran Wifi Station ini dihadiri oleh para pelaku usaha yang telah menyediakan Wifi Station di lokasi usahanya.

Wifi Station adalah layanan internet Wifi managed service bagi para pelaku bisnis diberbagai segmen mulai dari sekolah, kampus, restoran, pusat perdagangan serta kantor-kantor instansi pemerintahan. Layanan ini memberikan akses wifi yang super cepat dengan harga sangat terjangkau, sehingga pemilik usaha atau pemilik kantor mampu memberikan akses wifi gratis kepada para pelanggan atau pegawainya.

"Seiring dengan perkembangan di dunia digital, kebutuhan untuk bekerja secara kolaboratif dan co-creation menjadi suatu kebutuhan pokok," kata Dian. Sehingga layanan Wifi Station memungkinkan siapapun untuk lebih produktif dan kreatif, berkarya tanpa mengenal batas dan dapat diakses dimana saja.

Menurutnya, layanan WiCo 2.0 dan WiFi Station merupakan bentuk komitmen Telkom Group untuk mengembangkan komunitas dan masyarakat digital Indonesia. Di era digital, layanan internet cepat dan stabil sudah menjadi komoditi pokok dalam berbisnis. Oleh karena itu, memilih partner bisnis yang tepat dalam memberikan layanan intenet menjadi suatu hal yang krusial dalam pengembangan bisnis.

WiCo 2.0 dan WiFi Station merupakan upaya pengembangan masyarakat digital Indonesia. "Ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di AsiaTenggara," kata Dian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA