Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Wednesday, 7 Jumadil Awwal 1439 / 24 January 2018

Mengenal Dua Layanan Wifi Baru Telkom

Jumat 29 December 2017 17:17 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Telkom luncurkan dua layanan Wifi terbaru.

Telkom luncurkan dua layanan Wifi terbaru.

Foto: Telkom Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom baru saja meluncurkan dua layanan terbarunya, yakni Wifi Corner 2.0 dan Wifi Station, pada Kamis (28/12). Wifi Corner 2.0 merupakan konsep baru warung internet digital sementara WiFi Station adalah jawaban Telkom terhadap fenomena WiFi everywhere dan Bring YourOwn Device (BYOD).

Dalam beberapa tahun terakhir, Telkom telah menggelar layanan Wifi Corner (WiCo) di berbagai kota sebagai sarana edukasi internet bagi publik. Wifi Corner tersebut umumnya berlokasi di Plasa Telkom dan area publik tertentu yang melayani kebutuhan masyarakat umum untuk mengakses internet dengan hargarelatif terjangkau.

Terinsipirasi keberhasilan layanan wartel di masa lalu, PT Telkom pun hendak mengulang keberhasilan dengan menyediakan wartel 2.0 dalam bentuk jaringan internet. Selain itu, Telkom sekaligus bermaksud memperluas jangkauan penggelaran Wifi Corner dengan melibatkan peran serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

WiCo 2.0 adalah layanan WiFi.id untuk publik yang diselenggarakan oleh Telkom bekerja sama dengan mitra dari kalangan pelaku UKM. Mereka berperan menyediakan lokasi dan melakukan penjualan voucher WiFi.id kepada pengguna internet untuk digunakan di tempat tersebut.

Melalui kehadiran WiCo 2.0, pelaku UKM dapat mengembangkan peluang bisnis baru dengan mudah melalui penjualan voucher WiFi.id secara digital dengan skema bagi hasil. Menurut siaran pers yang diterima Republika.co.id, usaha WiCo 2.0 sangat cocok dilakukan oleh kaum perempuansebagai usaha rumahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Proses pendaftaran dan pengelolaan layanan WiCo 2.0 seluruhnya telah dilakukan secara digital melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Play dan App Store dengan nama MyWiCo. "Hadirnya WiCo 2.0 melalui aplikasi digital diharapkan dapat memudahkanpara pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan.

Inovasi ini juga diharapkan dapat turut mempercepat peningkatan daya saing bangsa Indonesia agar sejajar dengan bangsa lain. Sementara untuk Wifi Station, Telkom hendak mengembangkan jaringan di tempat publik seperti sekolah, kampus, ruko, co-working-space, ruang publik, resto, kafe atau depot.

Telkom menawarkan paket internet kecepatan tinggi sampai dengan 100 Mbps melaluijaringan telekomunikasi berbasis 100 persen fiberoptik. Selain itu, layanan Wifi Station juga memberikan nilai tambah bagi pelaku bisnis dalam membentuk persepsi positif usahanya.

Wifi Station memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi para pelaku bisnis. Fitur Login ID Customization, memungkinkan penyediaan koneksi internet yang aman. Fitur Welcome Page Customization, memudahkan pelaku bisnis untuk menciptakan brand image dari bisnisnya melalui layanan Wifi internet.

Selain itu, pelaku bisnis juga dapat meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui fitur Customer Profiling. Fitur-fitur Value Added Service ini akan dikembangkan terus sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha pengguna Wifi Station antara lain email perusahaan, unified collaboration, e-Payment, dan lainnya.

Layanan internet yang cepat dan stabil yang tersedia di Wifi Station, selain dapat meningkatkan produktivitas karyawan juga dapat meningkatkan persepsi akhir konsumer terhadap pelaku bisnis pengguna Wifi Station. Kemudahan membentuk merek dagang usaha bisnis melalui Value Added Service yang diberikan juga menjadi salah satu alasan mengapa Wifi Station menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku bisnis.

"Melalui keberadaan Wifi Station, Telkom bertekad memposisikan diri sebagai The Best Indonesia Wifi Managed Service Provider," tutup Dian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA