Senin , 06 November 2017, 15:03 WIB

Madiun Perbanyak Layanan Internet Gratis

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Maman Sudiaman
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, terus memperbanyak layanan internet gratis di wilayahnya guna mencukupi kebutuhan masyarakat dalam kemudahan akses informasi. Saat ini terdapat 130 titik layanan internet gratis bekerja sama dengan PT Telkom yang telah dipasang di berbagai tempat umum.

Kasi Layanan Aplikasi dan Tata Kelola Pemerintah Elektronik, Dinas Kominfo Kota Madiun Noor Afflah mengatakan  layanan internet gratis tersebut telah dipasang di pasar, ruang terbuka hijau (RTH), kantor kelurahan dan kecamatan, puskesmas, serta kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

"Informasi sekarang menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Makanya, layanan informasi harus semakin mudah dan murah," kata dia, Sabtu (4/11).

Dia merasa senang karena layanan internet gratis tersebut mendapat tanggapan positif dari warga Kota Madiun. Bahkan banyak permintaan untuk menambahnya supaya lebih banyak dan luas lagi masyarakat Kota Madiun mendapat layanan internet gratis. Untuk itu, Dinas Kominfo berencana akan menambah lagi pemasangan fasilitas interet gratis di 33 titik baru dalam waktu dekat ini.

Dengan demikian, secara total akan ada 163 titik layanan internet gratis atau 'wifi' dari Kominfo Kota Madiun yang tersebar di seluruh Kota Madiun. Baik di tengah kota maupun pinggiran. "Karena banyak permintaan titik baru, maka akan kami tambah. Saat ini akan ada 33 wifi baru untuk ditambahkan," katanya.

Ia menambahkan, respons masyarakat cukup bagus. Sebab, selain kemudahan akses informasi, layanan internet gratis tersebut juga membantu peluang usaha masyarakat Kota Madiun. Warga bisa memasarkan produk usahanya di pasar dalam jaringan atau online.

"Pemasangan wifi ini terus kami pantau. Termasuk keluhan yang masuk. Respons masyarakat cukup bagus selama dua bulan ini setelah pemasangan," tambahnya.

Pihaknya berharap, dengan layanan interet gratis tersebut, akses warga Kota Madiun dalam mendapatkan informasi lebih mudah, maksimal, dan berkualitas. Ia meminta kemudahan akses tersebut tentunya harus ditunjang dengan sikap menggunakan internet yang positif.

Sumber : antara