Rabu , 01 November 2017, 11:25 WIB

Telkomsel Tawarkan MyBusiness Sebagai Solusi untuk UKM

Rep: Nora Azizah/ Red: Gita Amanda
Yogi Ardhi/Republika
VP Enterprise Mobile Product Marketing Arief Pradetya.
VP Enterprise Mobile Product Marketing Arief Pradetya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel meluncurkan solusi bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbentuk platform digital MyBusiness. Solusi bisnis tersebut akan hadir di empat titik, yakni Bandung, Samarinda, Pekanbaru, dan Solo.

"Solusi MyBusiness bisa digunakan untuk memasarkan produk dan mengembangkan potensi produk," ujar Vice Presdident Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya, pekan lalu. 

MyBusiness merupakan solusi digital yang terbagi menjadi dua kategori, yakni Mulai Usaha Anda dan Kembangkan Usaha Anda. Dalam solusi Mulai Usaha Anda, pengguna bisa melakukan integrasi bisnis untuk usaha yang baru dirintis. Di dalamnya terdapat paket MITRA, Wireless Broadband, dan Business Connect. Pada paket MITRA, karyawan bisa menggunakan nomor perdana sementara biaya pemakaian akan dibebankan kepada pemilik usaha. 
 
Penggunaannya bisa dimonitor langsung oleh pemilik usaha. Besaran kuota dan akses internet bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Kemudian layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pelaku UKM. Sementara itu, Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, di antaranya surat elektronik (surel) dan jadwal, dokumen, serta aplikasi kolaborasi untuk peningkatan produktivitas.
 
Untuk kategori Kembangkan Usaha Anda, Telkomsel mengembangkan layanan Telkomsel Office 365, Telkomsel MPOS Solution, Telkomsel Employee Management, Telkomsel Accounting Solution, Telkonsel E-Commerce Solution, dan Telkomsel E-Health. Rangkaian solusi tersebut bisa digunakan untuk surel 50 GB dan storage berkapasitas 1 TB. Pengguna bisa menggunakan aplikasi kasir, konten video hingga untuk Skype, absensi, bahkan merekam data karyawan. Platform juga bisa digunakan untuk menghitung serta pembayaran gaji.