Ahad , 29 October 2017, 11:04 WIB

Dirut Telkom: BUMN Bersinergi Dukung Cita-Cita Pemerintah

Red: Budi Raharjo
Corsec Telkom
Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga
Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) berkesempatan melaksanakan program BUMN Hadir di Kampus di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hadir sejumlah pembicara di antaranya Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media (PISM) Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno dan Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga.

Dalam pemaparannya, Deputi PISM Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyampaikan BUMN berperan sebagai agen pembangunan nasional di segala bidang untuk menjawab berbagai tantangan kemajuan bangsa. Selama 72 tahun merdeka, Indonesia masih mengalami tantangan untuk maju dan berkembang mulai dari pembangunan yang tidak merata, ketahanan energi dan pangan, infrastruktur dan industri dasar, akses layanan keuangan, dan sumber daya manusia.

"Kementrian BUMN sebagai agent of development berperan untuk menjawab tantangan tersebut dan sebagai solusi untuk mempercepat pembangunan bangsa di segala bidang,” ujar Fajar.

Fajar melanjutkan, BUMN juga senantiasa mendukung program-program dan inisiatif pemerintah. BUMN juga diandalkan sebagai penggerak dan pilar pemerintah untuk menjalankan program-program prioritas pembangunan nasional dengan ultimate goal untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. " Tanpa terkecuali, mulai dari tol laut, infrastruktur, ketahanan pangan, hingga pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur,” tegas Fajar.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga menyampaikan, untuk dapat mengoptimalkan peran sebagai agen pembangunan, BUMN juga senantiasa bersinergi melalui berbagai program BUMN Hadir untuk Negeri. Ia menambahkan, BUMN juga berkomitmen mendukung cita-cita pemerintah yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

“Telkom telah membangun jaringan telekomunikasi infrastruktur dasar teknologi digital berupa kabel fiber optik dari Sabang sampai Merauke juga dari Indonesia menuju wilayah internasional hingga ke Eropa Barat dan Amerika. Telkom sbg BUMN telah membangun jaringan tulang punggung pita lebar fiber optik sepanjang 153 ribu km atau 4x keliling bumi. Telkom melalui telkomsel juga membangun BTS sebanyak 152.191 BTS di seluruh Indonesia,” ungkap Alex.


Tidak hanya membangun bangsa, BUMN juga berperan dalam memberdayakan masyarakat. Melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB), BUMN bersinergi membangun ekosistem ekonomi digital guna meningkatkan daya saing para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Mulai dari memberikan berbagai pelatihan terkait produk, pengelolaan bisnis dan keuangan, hingga pelatihan pemasaran digital, termasuk listing di situs e-commerce blanja.com. Hingga September 2017, sebanyak 14.891 UMKM dari berbagai daerah di Indonesia telah terdaftar di blanja.com.

Selain itu, Telkom bersama BUMN juga telah hadir untuk mendukung peningkatan ekonomi desa di wilayah pariwisata Candi Borobudur melalui pendirian Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Ke depannya, BUMN diharapkan dapat mendirikan Balkondes di 9 destinasi wisata lainnya sesuai dengan yang ditargetkan pemerintah untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata nasional.