Senin , 21 Agustus 2017, 21:11 WIB

Menteri Rini Puji Balai Ekonomi Desa Binaan Telkom

Red: Dwi Murdaningsih
Candi Borobudur
Candi Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikembangkan PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo masih yang terbaik dibanding Balkondes yang dibangun sejumlah BUMN lainnya. Hal itu diungkapkan Rini saat meninjau Balkondes BUMN, di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (20/8).

Saat memasuki area Balkondes Telkom, Rini diminta melakukan uji coba teknologi home automation yang bisa secara otomatis membuka dan mengunci kamar, menghidupkan listrik, AC, menghidupkan fasilitas Indihome meliputi televisi, internet dan telepon cukup dari ponsel pintar.

Rini juga berbincang langsung sekaligus bertransaksi secara elektonik dengan usaha kecil pengrajin bambu, perngajin batik, dan penjual makanan jajajan melalui transaksi t-cash maupun kartu uang elektronik.

"Balkondes Telkom bagus, fasilitas di Balkondes mengarah ke digital. Makanan berupa jajanan, dihasilkan warga juga enak-enak dan sangat layak untuk dikembangkan pasarnya," kata Rini.

Ia pun menuturkan Telkom sudah menguji coba fasilitas Balkondesnya yang serba digital. "Saya senang dan bangga BUMN berkomitmen untuk membantu masyarakat sekitar Candi Borobudur dengan inovasi-inovasi yang berbeda," katanya.

"Balkondes Telkom kalau saya beri penilaian masih yang terbaik," kata Rini.

Sejak Sabtu malam (19/8), Rini tiba di Desa Kebon Sari dan memilih menginap di Balkondes milik PT Hutama Karya (Persero). Selanjutnya sekitar pukul 05.30 WIB Rini berjalan kaki melalui areal persawahan berjarak 1,5 kilometer menuju Balkondes milik PT PGN (Persero) di Desa Karang Rejo.

Tidak lama berselang, Rini kembali melanjutkan perjalanan ke Balkondes PT Bank BNI Tbk (Persero) di Desa Wanurejo dengan berjalan kaki dan menaiki andong.

Di Desa Wanurejo, perempuan kelahiran Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958 itu menyempatkan diri untuk melepas gerak jalan sehat yang diikuti sekitar 200 orang warga mengelilingi desa.

Setelah itu Rini menuju Balkondes Telkom yang disambut Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dan ratusan warga yang menggelar perlombaan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 dan Balkondes PT Bank BTN Tbk (Persero) di Desa Karanganyar.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex Sinaga menuturkan, Balkondes ini dibangun untuk mendorong perekomian dan pariwisata di kawasan Tuksongo. Fasilitas yang disediakan di Balkonde Telkom meliputi ruang pendopo, ruangan workshop, ruang meeting, homestay tiga unit, musholla, toilet umum, toilet untuk kalanga difabel, taman dan ruang terbuka untuk teater.

Sumber : antara