Senin , 24 April 2017, 06:31 WIB

Rini Soemarno Tinjau Balkondes Magelang

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andi Nur Aminah
Republika/ Edi Yusuf
Menteri BUMN Rini Soemarno
Menteri BUMN Rini Soemarno

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri BUMN, Rini Soemarno beserta beberapa Dirut 118 BUMN dan pejabat eselon I Kementerian BUMN melakukan peninjauan pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) wisata di enam titik wilayah kawasan pariwisata Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hal ini merupakan bagian dari target pembangunan 100 Balkondes yang akan diwujudkan oleh BUMN di 2017.

Rini mengatakan, Candi Borobudur merupakan objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Candi ini dapat dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Melalui pembangunan Balkondes untuk membuktikan BUMN hadir secara nyata untuk negeri dan turut berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia mendorong perbaikan ekonomi masyarakat desa sekitar kawasan candi borobudur. 

“Balkondes merupakan etalase perekonomian di daerah, ruang untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (24/4).

Rini menjelaskan, desa-desa di Jepang sangat aktif dalam mendatangkan para wisatawan sehingga dapat mendorong perekomian desa tersebut. Rini berharap dengan pembangunan Balkondes dapat membantu wisata di desa-desa sekitar Magelang dan pengembangan masyarakat desa sekitar. 

"Selain kehadirannya sebagai wujud komitmen kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengembangkan masyarakat sekitar kawasan wisata." katanya.

Adanya Candi Borobudur sebagai situs cagar budaya yang menjadiikon pariwisata, nantinya melalui Balkondes masyarakat dapat menunjukan kemampuannya. Seperti contoh Balkondes Jasa Marga dimana wisatawan yang hadir dapat belajar membuat keris. "Begitu juga dengan balkondes Bank BRI, wisatawan bisa belajar membuat tahu dan Balkondes Bank BTN serta Balkondes Bank Mandiri," pungkasnya.