Selasa , 12 September 2017, 16:13 WIB

Menkominfo akan Pastikan Jatah Orbit untuk Satelit Telkom 4

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nur Aini
Yogi Ardhi/Republika
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah)  berbicara didampingi Dirut PT Telkom Alex Sinaga menjelaskan situasi terakhir recovery satelit Telkom 1.
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (tengah) berbicara didampingi Dirut PT Telkom Alex Sinaga menjelaskan situasi terakhir recovery satelit Telkom 1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berencana bertemu dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) untuk mengamankan jatah orbit untuk satelit Telkom 4. Pertemuan itu dijadwalkan pada akhir bulan ini. 

Pengamanan slot orbit 108 BT untuk satelit Telkom 4 untuk peluncuran yang direncanakan pada Agustus tahun depan. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Ismail MT mengatakan pertemuan itu diadakan sambil menunggu laporan akhir Telkom mengenai satelit Telkom 1 yang sebelumnya menempati slot orbit 108 BT. Sebelumnya, Telkom 1 mengalami gangguan sehingga menyebabkan ribuan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan offline.

"Akhir bulan ini Pak Menteri mau bertemu langsung dengan Sekjen ITU. Agendanya salah satu bisa jadi tentang pengamanan slot," kata Ismail dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa, (12/9).

Ia menjelaskan, sebelumnya Kementerian Kominfo sudah mengirimkan surat pemberitahuan awal ke ITU, merupakan badan PBB yang mengurusi tentang teknologi komunikasi dan informasi. Hanya saja, ITU belum merespons surat tersebut. "Proses di ITU tidak mungkin harian atau mingguan, bisa tiga sampai empat Bulan," ujar Direktur Utama Alex J Sinaga kepada wartawan, Selasa (12/9).

Melalui surat itu, pemerintah tengah memastikan tidak ada negara lain yang menggunakan slot orbit 108 BT. Pasalnya, slot tersebut akan digunakan oleh satelit Telkom 4 pada tahun depan.